Pengaruh Suasana Toko, Tampilan Produk, Dan Potongan Harga Terhadap Pembelian Spontan (Studi Pada Konsumen Indomaret)

Authors

  •  Dini Eviyana  Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  •  Era Agustina Yamini  Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.61930/jurbisman.v1i1.170

Keywords:

Suasana Toko, Tampilan Produk, Potongan Harga, Pembelian Spontan

Abstract

Latar belakang: Berdasarkan data Indomaret.co.id, jumlah  gerai Indomaret pada  tahun 2021 sejumlah 18.603 gerai yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Pada tahun 2017 Indomaret mengalami kenaikan penjualan mencapai 16%. Salah satu yang dilakukan Indomaret dalam melakukan persaingan industri ritel dengan cara memperbesar pembelian spontan yang dilakukan oleh konsumen. Tujuan: Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suasana toko, tampilan produk, dan potongan harga terhadap pembelian spontan di Indomaret. Metode penelitian: peneliti ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan menggunakan pendekatan purposive sampling. Subjek penelitiannya adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Indomaret secara langsung, sebanyak 150 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Tahapan diawali uji validasi dan reliabilitas menggunakan spss 22.0. Uji prasayarat analisis meliputi uji normalitas, uji multikolineritas, uji hetereskedasitas, uji autokorelasi. Hasil penelitian: Menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan suasana toko terhadap pembelian spontan, (2) terdapat pengaruh yang signifikan tampilan produk terhadap pembelian spontan, (3) tidak terdapat pengaruh yang signifikansi potongan harga terhadap pembelian spontan, (4) terdapat pengaruh yang signifikan suasana toko, tampilan produk, potongan harga secara simultan terhadap pembelian spontan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-19

How to Cite

Dini Eviyana, & Era Agustina Yamini. (2023). Pengaruh Suasana Toko, Tampilan Produk, Dan Potongan Harga Terhadap Pembelian Spontan (Studi Pada Konsumen Indomaret). Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JURBISMAN), 1(1), 307–316. https://doi.org/10.61930/jurbisman.v1i1.170

Most read articles by the same author(s)