Peran Mediasi Tourist Satisfaction of Memorable Tourism Experience Dan Citra Destinasi Revisit Intention Wisatawan Pantai Sebalang Lampung Selatan

Authors

  •  Junice Esti Pratiwi  UIN Raden Intan Lampung
  •  Fatih Fuadi  UIN Raden Intan Lampung
  •  Vicky F Sanjaya  UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.61930/jurbisman.v2i3.742

Keywords:

Tourist Satisfaction, Memorable Tourism Experience, Citra Destinasi, Revisit Intention, Bisnis dan Manajemen

Abstract

Dalam industri pariwisata Memorable Tourism Experience dan citra destinasi adalah faktor penting dalam menentukan niat wisatawan untuk kembali ke suatu destinasi (Revisit Intention). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Tourist Satisfaction sebagai mediator dalam hubungan antara Memorable Tourism Experience dan citra destinasi terhadap Revisit Intention. Metode yang digunakan metode kuantitatif dan analisis data menggunakan metode Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM – PLS) dengan sampel 97 responden. Hasil penelitian ini memperoleh Memorable Tourism Experience, Citra Destinasi masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Revisit Intention. Variabel Memorable Tourism Experience dan Citra Destinasi masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tourist Satisfaction. Variabel Tourist Satisfcation berpengaruh positif dan signifikan terhadap Revisit Intention. Variabel Tourist Satisfaction memediasi pengaruh Memorable Tourism Experience terhadap Revisit Intention dengan model Full Mediation atau memediasi secara penuh. Dan variabel Tourist Satisfaction memediasi pengaruh Citra Destinasi terhadap Revisit Intention dengan model Full Mediation atau memediasi secara penuh. Dalam perspektif bisnis Islam, Memorable Tourism Experience, Citra Destinasi, Tourist Satisfaction, dan Revisit Intention harus sesuai dengan firman Allah SWT dalam Q.S Ali Imran ayat 104, Q.S Al-Baqarah ayat 195, Q.S Ali’Imran ayat 159, dan Q.S Taha ayat 132.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Junice Esti Pratiwi, Fatih Fuadi, & Vicky F Sanjaya. (2024). Peran Mediasi Tourist Satisfaction of Memorable Tourism Experience Dan Citra Destinasi Revisit Intention Wisatawan Pantai Sebalang Lampung Selatan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JURBISMAN), 2(3), 681–700. https://doi.org/10.61930/jurbisman.v2i3.742