Analisis Minat Menabung Nasabah BSI Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada BSI KC Demang Palembang)
DOI:
https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i3.304Keywords:
Minat Menabung, Nasabah, Bank Syariah Indonesia (BSI)Abstract
Bank Syariah Indonesia (BSI) adalah bank yang beroperasi sesuai dengan prinsif syariah yang mengacu pada syariat Islam, dengan berpedoman utama kepada alquran dan hadits. Minat menabung merupakan kegiatan atau aktivitas yang memerlukan adanya keinginan dalam diri seseorang untuk menyisihkan dan menyimpan uangnya di bank maupun ditempat lain. Sebelum seorang nasabah menabung pada suatu bank, banyak faktor yang dipertimbangkan terutama sekali aspek profitabilitas dan safety (aspek keuntungan dan keamanan) dari produk atau jasa yang dilakukan. Covid-19 adalah sebuah penyakit yang dapat menular dan mengakibatkan adanya pandemi cengan adanya Covid-19 semua orang mengalami keulitan tidak hanya melakukan kegiatan tetapi perbankan juga mengalami penerunan keuangan. Dari permasalahan diatas maka terbentuklah rumusan masalah yaitu Analisis strategi yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam meningkatkan minat masyarat untuk menabung di KC Demang Palembang pasca Covid-19 dan Apa saja faktor yang mempengaruhi minat nasabah tetap menabung paca Covid-19 di Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Demang
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami dan memdeskripsikan analisis serta faktor yang meningkatkan minat menabung nasabah pasca pandemi covid-19. Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Demang Palembang. Metode penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam kepada pihak pihak nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Demang Palembang yang mengetahui informasi mengenai strategi meningkatkan minat menabung nasabah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setrategi yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam meningkatkan minat masyarat untuk menabung di KC Demang Palembang pasca Covid-19 yaitu Cost-leadership strategy (meminimalkan biaya), differentiation (unik/istimewa) dan focus strategy (pokus pada strategi). Dan faktor yang mempengaruhi minat nasabah tetap menabung paca covid-19 di Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Demang Palembang yaitu pelayanan di bank, lokasi bank yang strategis dan juga pengetahuan nasabah tentang bank syariah.
Downloads
References
Apriana, E. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Desa Koto Taluk Menabung di Bank Syariah Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Juhanperak.
Aravik, H., & Hamzani, A. I. (2021). Etika Perbankan Syariah: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish. https://deepublishstore.com/shop/buku-etika-perbankan-syariah-teori-dan-implementasi/
Aravik, H., Hamzani, A. I., & Khasanah, N. (2023). Basic Concepts of Sharia Finance And Practices In Sharia Banking In Indonesia. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 9(1), 17–34. https://ejournal.stebisigm.ac.id/index.php/isbank/article/view/842
Asdiyansyuri, U. (2020). Analisis Pengaruh Religiusitas, Etika Bisnis Islam Terhadap Minat Beli Online Mahasiswa (Studi Kasus pada STIE AMM Mataram). Kompetitif.
Belisia, T. U. (2022). Efektivitas Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Jumlah Nasabah Produk BSI Tabungan Haji Indonesia Dimasa Pandemi Covid-19 dalam Perspektif ekonomi Islam (Studi pada Bank Syariah Indonesia KCP Pringsewu A. Yani 1). UIN Raden Intan.
Familudin, F. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Perusahaan, dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia. Eprints Walisongo.
Haidir, M. S. (2019). Pengaruh Pemahaman Investasi, dengan Modal Minimal dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa dalam Melakukan Investasi di Pasar Modal Syariah. Istiqro.
Hermansyah. (2019). Analisis Implementasi Pembiayaan Musyarakah pada Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Bank BRI Syariah KCP Muara Bungo. ISTIKHLAF.
Malik, Z. A. (2017). Riba Versus Bunga dalam Perbankan. UNISBA.
Mukharom, M., & Aravik, H. (2020). Kebijakan Nabi Muhammad Saw Menangani Wabah Penyakit Menular dan Implementasinya dalam Konteks Penanggulangan Coronavirus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15096
Mursidah, R. (2021). Pengelolaan dan Penyimpanan Uang Kas Masjid : Analisis Kualitatif Pemilihan Jasa Perbankan Syariah dan Konvensional. Jurnal Ar-Ribh.
Nurlaily, A. E. (2020). Analisis Minat Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo untuk Berinvestasi di Galeri Investasi BEI IAIN Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Padli, H. (2021). Peluang dan Tantangan Bank Syariah di Masa Pandemi Covid-19. ILTIZAM.
Panggabean, K. (2021). Analisis Strategi Pemasaran dan Implementasi dalam Menghadapi Persaingan Usaha pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bank Sumut Syariah KCP Hm. Joni). UIN Sumut.
Patama, D. C. (2021). Pengaruh Covid-19 Terhadap Pendapatan Driver Gojek di Kota Makassar. Unismuh.
Pradesyah, R. (2020). Pengaruh Promosi dan Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Melakukan Transaksi di Bank Syariah (Studi Kasus di Desa Rahuning). Al-Sharf.
Putra, A. U. (2020). Respon Masyarakat Terhadap Konversi Bank Nagari Menjadi Bank Nagari Syariah (Studi Kasus Masyarakat di Nagari Lima Kaum). IAIN Batusangkar.
Rukin. (2019). Metodologi Penelitin Kualitatif. Ahmar Cendekia Indonesia.
Satar, M. (2021). Penerapan Etos Kerja Islami dalam Meningkatkan Produktivitas Karyawan pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Parepare. BALANCA.
Syraifuddin, M. (2020). Transformasi Digital Persidangan di Era New Normal : Melayani Pencari Keadilan di Masa Pandemi Covid-19. Imaji Cipta Karya.
Tanjung, R. S. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Wadiah pada Bank Syariah Indonesia KCP Aek Kanopan. JEMAK.
Zamzam, F., & Aravik, H. (2016). Kamus Bisnis Syariah. Yogyakarta: Deepublish. https://deepublishstore.com/shop/kamus-bisnis-syariah/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hernika, Choirunnisak, Meriyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.