Analisis Bauran 4P (Product, Price, Place, Promotion) Pada Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di PT. BPRS Al-Falah Banyuasin.

Authors

  •  Selawati  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang
  •  Mohammad Faizal  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri
  •  Choirunnisak  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.61930/jebmak.v1i2.12

Keywords:

Strategi Pemasaran, Pembiayaan Murabahah, BPRS Al-Falah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan di PT. BPRS Al-Falah Banyuasin, dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan murabahah Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode wawancara, dokumentasi, observasi dan uji keabsahan data. Penelitian ini dilakukan pada PT. BPRS Al-Falah Banyuasin yang berlokasi di Jl. Raya Palembang-Pangkalan Balai Km. 14,5 Kelurahan Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan yaitu dari bulan Januari sampai bulan Maret 2022. Hasil penelitian ini adalah bauran pemasaran yang dilakukan dalam meningkatan jumlah nasabah pembiayaan murabahah ini menggunakan metode 4P yaitu produk (product) yaitu dengan produk yang berkualitas, harga (price) dengan harga yang paling murah dan terjangkau, tempat (place) yaitu Tempatnya yang startegis karena dekat dengan khalayak ramai atau jalan raya dan promosi (promotion) yaitu promosi dilakukan berhubungan dengan tren seperti periklanan, brosur, pengenalan secara pribadi (advertising) dan door to door. Penerapan pembiayaan murabahah yaitu melaui mekanisme jual beli barang dengan penambahan margin sebagai keuntungan yang diperoleh bank.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Selawati, Mohammad Faizal, & Choirunnisak. (2022). Analisis Bauran 4P (Product, Price, Place, Promotion) Pada Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di PT. BPRS Al-Falah Banyuasin. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 145–162. https://doi.org/10.61930/jebmak.v1i2.12

Most read articles by the same author(s)