Strategi Pemasaran Buah Naga Saat Panen Raya (Study Di Desa Majingklak Kecamatan Wanareja)

Authors

  •  Hasan Muzaki  Fakultas Ekonomi UNUGHA Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i3.325

Keywords:

Majingklak, Buah Naga, Strategi, Pemasaran

Abstract

Desa Majingklak Kecawamatan Wanareja merupakan sebuah desa di wilayah sebelah barat Kabupaten Cilacap  dengan kondisi tanah yang subur dan panorama alam yang indah.  Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, salah satu komoditi pertanianya adalah buah naga. Buah naga dalam beberapa tahun ini menjadi iconic dari desa tersebut.  Hsetiap dusun di Desa majingklak penduduknya ada yang menanam buah naga. Saat musim panen raya petani memiliki beberapa strategi pemasaran untuk memasarkan buah naganya. Beberapa strategi tersebut diantaranya \strategi petik langsung dikebun, strategi menjaga kualitas buah, strategi mengikuti event-event tertentu , strategi wisata serta pemasaran door to door  ke daerah sekitar serta penjualan  online ke pembeli secara langsung.  Selain itu petani juga melakukan penjualan langsung kepada para pedagang dan bandar buah yang banyak datang ke daerah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muzaki, Hasan. (2019). Pengantar Ekonomi. Ihya Media, Cilacap.

Nurcholis, Hanif. (2011). Pertumbuhan dan penyelenggaraan pemerintahan desa. Jakarta: Erlangga.

Rahmat Krisyantono, (2009). Teknik Praktis Riset Komunikas. Jakarta : Kencana.

Sugiyono.. (2010). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : Alfabet.

Suharto, G Didik. (2016). Membangun Kemandirian Desa. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Swastha Dharmmesta, Basu (2018), Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen Edisi Pertama, Cetakan ke 7, BPFE : Yogyakarta

Umar, Husein. (2002). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT Sun, Jakarta.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Hasan Muzaki. (2023). Strategi Pemasaran Buah Naga Saat Panen Raya (Study Di Desa Majingklak Kecamatan Wanareja). Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 615–620. https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i3.325