Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelian dan Penggunaan Smartphone iPhone Dalam Perspektif Hukum Islam
DOI:
https://doi.org/10.61930/jebmak.v3i3.835Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana mahasiswa melihat smartphone iPhone sebagai simbol status sosial di kalangan pengguna teknologi. Smartphone, khususnya iPhone, dianggap sebagai penanda strata sosial di era digital saat ini selain sebagai alat komunikasi. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara mendalam dengan mahasiswa dari berbagai latar belakang ekonomi dan sosial. Pendekatan kualitatif digunakan untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa melihat iPhone sebagai simbol gaya hidup mewah dan prestise. Faktor-faktor seperti harga tinggi, desain unik, dan popularitas di kalangan selebriti dan influencer memperkuat persepsi ini. Meskipun demikian, beberapa individu melihat penggunaan iPhone sebagai fungsional tanpa mengaitkannya dengan status sosial. Sebagian mahasiswa menggunakan smartphone iPhone sebagai salah satu cara untuk menunjukkan identitas sosial dan ekonomi mereka di lingkungan mereka. Pada dasarnya, Islam mengatur bahwa segala sesuatu itu halal kecuali ada dalil yang mengharamkannya. Pembelian dan penggunaan iPhone pada dasarnya adalah halal karena produk ini sendiri bukanlah sesuatu yang dilarang, tidak mengandung unsur haram, dan tidak secara langsung melanggar prinsip-prinsip Islam. Namun, penggunaan ponsel tersebut bisa menjadi haram atau makruh jika dipakai untuk tujuan yang tidak sesuai dengan syariat Islam, seperti untuk kegiatan maksiat, menyebarkan hal-hal yang merugikan atau fitnah, atau untuk aktivitas-aktivitas yang tidak mendatangkan manfaat baik bagi diri maupun masyarakat. Dan jika tujuannya hanya untuk menunjukkan status sosial atau berlebihan dalam konsumsi (tabdzir), Islam menganjurkan umat untuk menghindari perilaku konsumtif yang berlebihan.
Unduhan
Referensi
Aji, R. H. S. (2015). Stratifikasi Sosial Dan Kesadaran Kelas. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 2(1), 34–37.
Al-Syatibi. (1997). Al-Muwafaqat fi Usul al-Shariah, (Beirut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyyah, Jilid 2
Alkemega, S., & Ramadhan, M. F. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung). Jurnal EMT KITA, 7(2), 462–472. https://doi.org/10.35870/emt.v7i2.1113
Bernard E. Silaban, H. A. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Gaya Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Esensi, 20(2), 1–28.
Exstrada, W. (2020). Gaya Hidup Dengan Keputusan Pembelian Iphone Pada Mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 729. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5577
Fitrah, M. R., & Madjid, I. (2018). Pengaruh Persepsi Cinta Merek Terhadap Citra Merek, Keterlibatan Merek, Dan Sikap Terhadap Merek Pada Produk Iphone Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(4), 38–49. https://jim.usk.ac.id/EKM/article/view/9073
Fitria, A. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Di Kota Surabaya. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(4), 965–980. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i4.480
Hasmayni, B., & Lumbanbatu, J. S. (2019). Gambaran Lifelifestyle pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Pengguna Iphone di Universitas Medan Area. Jurnal TEKESNOS: Jurnal Teknologi, Kesehatan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 9–16.
Ilhami, M. D., & Sari, S. D. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Iphone Di Kota Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 4(1), 24. https://jurnal.imsi.or.id/index.php/jmmib/article/view/153
Indriani, V. L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn. Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 25–30. https://doi.org/10.56393/lentera.v2i1.1155
Kurnia, H. (2014). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Universitascokroaminoto Yogyakarta. Academy of Education Journal, 5(2), 91–103. https://doi.org/10.47200/aoej.v5i2.120
Maunah, B. (2015). Stratifikasi Sosial dan Perjuangan Kelas dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 19–38. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.01.19-38
Mokalu, J. V, Mewengkang, N. N., & Tangkudung, J. P. . (2016). Dampak Teknologi Smartphone Terhadap Perilaku Orang Tua di Desa Touure Kecamatan Tompaso. Acta Diurna, 5(1), 1–9.
Mulyati, V., & Hariyanto, D. (2021). Perception Of Students On The Apple Smartphone As A Lifestyle. Academia Open, 4, 1–14. https://doi.org/10.21070/acopen.4.2021.2029
Putra, E. M., Salim, E., & Silvia, E. D. (2024). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Hp Iphone ( Studi Kasus Mahasiswa Upi Yptk Padang Khusus Manajemen ). 02(01), 663–671.
Sobry, M. G. (2017). Peran Smartphone Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. JPGI: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(2), 24–29. http://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/view/222
Wahbah Al-Zuhaili,.(1984).Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuhu, Beirut: Dar Al-Fikr, Jilid 4
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 M. Yarham, Setia Hidayah, Ridwana Siregar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.