Pengaruh Pengelolaan Fasilitas Handphone Terhadap Prestasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.571Keywords:
Pengelolaan Sarana, Telepon Seluler, Prestasi BelajarAbstract
Masalah dalam kajian penelitian ini adalah Tingkat keberhasilan akademik siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Kotabumi masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa adalah penggunaan telepon genggam, namun siswa kurang menggunakan telepon genggam dalam proses belajar mengajar sehingga mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kinerja siswa melalui penggunaan telepon genggam sebagai media dalam pembelajaran IPS pada siswa Kelas IX SMPN 2 Kotabumi; Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa Kelas IX SMPN 2 Kotabumi berjumlah 106 siswa. Teknik random sampling digunakan untuk pengambilan sampel. Angket digunakan untuk mengumpulkan data keberhasilan belajar ketika menggunakan telepon genggam sebagai alat atau metode dalam proses belajar mengajar. Sedangkan data hasil belajar mahasiswa diperoleh melalui dokumen khususnya hasil ujian semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Dampak penggunaan telepon genggam terhadap kinerja pembelajaran IPS masih kurang atau tidak diatas rata-rata pada proses pembelajaran, namun setelah penggunaan telepon genggam di kelas. Data yang diperoleh dari hasil survei siswa dengan menggunakan uji T menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Selisih peningkatan kinerja pembelajaran akibat penggunaan telepon genggam sebesar 16,42 dibandingkan IX) sebesar 26,85 bila telepon genggam digunakan dalam proses pembelajaran dan 10,43 bila telepon genggam tidak digunakan (Y)
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License Terms..