Pengaruh Pengelolaan Fasilitas Handphone Terhadap Prestasi Belajar

Penulis

  • Siska Erfita Handayani STAI Ibnu Rusyd Kotabumi
  • Azizah STAI Ibnu Rusyd Kotabumi
  • Dhea Putri Sakilla STAI Ibnu Rusyd Kotabumi
  • Dr. Meilisa Sajdah M.Pd.I STAI Ibnu Rusyd Kotabumi

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.571

Kata Kunci:

Pengelolaan Sarana, Telepon Seluler, Prestasi Belajar

Abstrak

Masalah dalam kajian penelitian ini adalah Tingkat keberhasilan akademik siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Kotabumi masih tergolong rendah.  Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa adalah penggunaan telepon genggam, namun siswa kurang menggunakan telepon genggam dalam proses belajar mengajar sehingga mempengaruhi keberhasilan belajar siswa.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kinerja siswa melalui penggunaan telepon genggam sebagai media dalam pembelajaran IPS pada siswa Kelas IX SMPN 2 Kotabumi; Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa Kelas IX SMPN 2 Kotabumi  berjumlah 106 siswa.  Teknik random sampling digunakan untuk pengambilan sampel. Angket digunakan untuk mengumpulkan data keberhasilan belajar ketika menggunakan telepon genggam sebagai alat atau metode dalam proses  belajar mengajar.  Sedangkan data hasil belajar mahasiswa diperoleh melalui dokumen khususnya hasil ujian semester ganjil tahun ajaran 2017/2018.  Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan uji T.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Dampak penggunaan telepon genggam terhadap kinerja pembelajaran IPS masih kurang atau tidak diatas rata-rata pada proses pembelajaran, namun setelah penggunaan telepon genggam di kelas. Data yang diperoleh dari hasil survei siswa dengan menggunakan uji T menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen.  Selisih peningkatan kinerja pembelajaran akibat penggunaan telepon genggam sebesar 16,42 dibandingkan IX) sebesar 26,85 bila telepon genggam digunakan dalam proses pembelajaran dan 10,43 bila telepon genggam tidak digunakan (Y)

Telah diserahkan

2024-04-25

diterima

2024-04-26

Diterbitkan

2024-04-26

Cara Mengutip

Siska Erfita Handayani, Azizah, Dhea Putri Sakilla, & Dr. Meilisa Sajdah M.Pd.I. (2024). Pengaruh Pengelolaan Fasilitas Handphone Terhadap Prestasi Belajar . Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(1), 49–56. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1.571