Analisis Kesulitan Belajar Matematika Di Kelas 3 SDN Kemayoran 1 Bangkalan

Authors

  • Mufidatul Inas Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Indonesia
  • Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Indonesia
  • Siska Trisnayanti,S.Pd. SD UPTD SD Negeri Kemayoran 01, Bangkalan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.860

Keywords:

Kesulitan Belajar, Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika kelas tiga di SDN Kemayoran 1 Bangkalan .penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskripsif yang mendeskrispsikan faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa kelas tiga di SDN Kemayoran 1 Bangkalan. Hasil data ini diperoleh dari hasil observasi, dan wawancara terkait kesulitan belajar matematika yang terjadi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar matematika peserta didik. faktor internal meliputi : 1). Motivasi Belajar, 2). Minat Belajar, 3). Konsentrasi Belajar. Faktor eksternal meliputi : 1). Lingkungan Keluarga, 2). Penggunaan Media Pembelajaran, 3). Penggunaan HP.

Downloads

Submitted

2024-11-28

Accepted

2024-11-29

Published

2024-11-30

How to Cite

Inas, M., Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd, & Siska Trisnayanti,S.Pd. SD. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Di Kelas 3 SDN Kemayoran 1 Bangkalan. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(3), 577–582. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.860