Analisis Kesulitan Belajar Matematika Di Kelas 3 SDN Kemayoran 1 Bangkalan

Penulis

  • Mufidatul Inas Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Indonesia
  • Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Indonesia
  • Siska Trisnayanti,S.Pd. SD UPTD SD Negeri Kemayoran 01, Bangkalan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.860

Kata Kunci:

Kesulitan Belajar, Matematika, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika kelas tiga di SDN Kemayoran 1 Bangkalan .penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskripsif yang mendeskrispsikan faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa kelas tiga di SDN Kemayoran 1 Bangkalan. Hasil data ini diperoleh dari hasil observasi, dan wawancara terkait kesulitan belajar matematika yang terjadi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar matematika peserta didik. faktor internal meliputi : 1). Motivasi Belajar, 2). Minat Belajar, 3). Konsentrasi Belajar. Faktor eksternal meliputi : 1). Lingkungan Keluarga, 2). Penggunaan Media Pembelajaran, 3). Penggunaan HP.

Telah diserahkan

2024-11-28

diterima

2024-11-29

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Inas, M., Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd, & Siska Trisnayanti,S.Pd. SD. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Di Kelas 3 SDN Kemayoran 1 Bangkalan. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(3), 577–582. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.860