Pendekatan Pendidikan Islam Menurut Athiyah Al Abrasyi

Penulis

  • Fatimah Azzahro Khoirunnisa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dr. Hafidz, M.pd.I Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Najia Iffat Huwaida Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nasywa Hanifah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Prayogo Pangestu Damhudi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Atmaja Rizky kurniawan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Zuladnan Nursyam Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.944

Kata Kunci:

Ilmu Pendidikan Islam, Pemikiran Athiyah Al Abrasyi, Pendidikan Akhlak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan pendidikan Islam menurut Athiyah Al-Abrasyi. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengkaji karya utama Al-Abrasyi serta literatur pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Abrasyi memandang pendidikan Islam sebagai upaya untuk menciptakan insan kamil, yang seimbang antara aspek jasmani, rohani, intelektual, dan spiritual. Selain itu, pendidikan akhlak dianggap sebagai inti dari pendidikan Islam tanpa mengabaikan aspek lain seperti akal, jasmani, dan seni. Kurikulum yang diusulkan meliputi lima aspek utama: pendidikan agama, akhlak, akal, jasmani, dan seni. Temuan ini memberikan kontribusi dalam pengembangan konsep pendidikan Islam yang lebih holistik dan relevan dengan kebutuhan zaman.

Telah diserahkan

2024-12-27

diterima

2024-12-28

Diterbitkan

2024-12-28

Cara Mengutip

Fatimah Azzahro Khoirunnisa, Dr. Hafidz, M.pd.I, Najia Iffat Huwaida, Nasywa Hanifah, Prayogo Pangestu Damhudi, Atmaja Rizky kurniawan, & Zuladnan Nursyam. (2024). Pendekatan Pendidikan Islam Menurut Athiyah Al Abrasyi. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(3), 635–646. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i3.944