Strategi Promosi Pada Penjualan Pupuk Non Subsidi Guna Pencapaian Target Pada Proyek Retail PT. Pupuk Kujang Cikampek

Authors

  •  Nendah Dewi Yuningsih  UBP Karawang
  •  Syifa Pramudita  UBP Karawang

DOI:

https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i2.155

Keywords:

Pupuk, Pupuk NPK non subsidi, Strategi pemasaran, Matriks SWOT, IFAS

Abstract

Sektor pertanian  memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pembangunan ekonomi di Indonesia, sektor terbesar kedua dalam total Produk Domestik Bruto ( PDB ) setelah sektor industri dan pengolahan. Meningkatkan kontribusi pertanian atau agribisnis terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia diiringi dengan meningkatnya produksi pertanian Indonesia. Hal ini berdampak pula pada kebutuhan pupuk yang meningkat dan harus di penuhi. PT. Pupuk Kujang merupakan salah satu anak usaha dari Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) yaitu PT. Pupuk Indonesia ( Persero ). PT. Pupuk Kujang didirikan pada tanggal 09 Juni 1975 merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri pupuk nasional. Salah satu produk yang di produksi maupun dipasarkan adalah pupuk NPK. Potensi pasar pupuk NPK sektor non subsidi dan retail masih sangat tinggi. Dengan potensi yang tinggi PT Pupuk Kujang meluncurkan beberapa produk retail salah satunya adalah pupuk NPK 30-8-16 , Pupuk NPK Jeranti dll.  Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan proses pengolahan data yang di dukung oleh data yang di dapat secara langsung di Departemen Retail PT. Pupuk Kujang. Tahap analisis data yang dilakukan dalam menghasilkan strategi marketing pada produk pupuk NPK non subsidi dengan melakukan analisis data secara eksternal , dan selanjutnya melakukan analisis internal atas strategi pemasaran perusahaan saat ini , dengan menggunakan Matriks SWOT, Matriks EFAS dan IFAS guna menghasilkan serangkaian alternatif alat analisis strategi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan, G. (2018). Tingkat Suku Bunga Pembiayaan Usaha Mikro dan Ukuran Terhadap Tingkat Pertumbuhan Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Perbankan, 84-94.

Ruyatnasi, Y., & Megawati, L. (2018). Pengantar Manajemen. Absolute Media.

Shaid, N. J. (2022, Agustus 19). Kompas.com. Diambil kembali dari Money.kompas.com:https://money.kompas.com/read/2022/02/09/072757826/apa-itu-manajemen-pengertian-fungsi-dan-tujuannya?page=all

kezia. (2022, july 25). advotics.com. Diambil kembali dari https://www.advotics.com/id/retail-adalah/

Azizah, L. N. (2021). gramedia.com. Diambil kembali dari https://www.gramedia.com/literasi/bisnis-retail/

Gitosudarmo, i. (2008). Pengantar Bisnis edisi 9. Yogyakarta: BPFE.

Verianty, W. A. (2023, Januari 03). Profil PT. Pupuk Kujang, Salah satu anak Perusahaan Pupuk. Diambil kembali dari liputan6.com: https://www.liputan6.com/hot/read/5170478/profil-pt-pupuk-kujang-salah-satu-anak-perusahaan-pupuk-indonesia

Abdhul, Y. (2021, oktober 21). deepublishstore. Diambil kembali dari https://deepublishstore.com/materi/manajemen-pemasaran/

Rahmani, A. (2019). repository.dharmawangsa. Diambil kembali dari http://repository.dharmawangsa.ac.id/186/7/BAB%20II_15510459.pdf

Fahmy, I. A. (2022, September 29). pinhome.id. Diambil kembali dari https://www.pinhome.id/blog/pengertian-pupuk-dan-jenisnya-organik-an-organik-lengkap/

Editorial Rumah. (2020, Febuari 28). 8 Jenis pupuk organik untuk tanaman rumah. Diambil kembali dari https://www.rumah.com/panduan-properti/8-jenis-pupuk-organik-untuk-tanaman-di-rumah-23529

Halimah Utami, T. N. (2020, Oktober). 15 Jenis Pupuk Anorganik. Diambil kembali dari Researchgate: https://www.researchgate.net/publication/344658285_15_Jenis_Pupuk_Anorganik

Downloads

Published

2023-07-06

How to Cite

Yuningsih, N. D., & Syifa Pramudita. (2023). Strategi Promosi Pada Penjualan Pupuk Non Subsidi Guna Pencapaian Target Pada Proyek Retail PT. Pupuk Kujang Cikampek. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 251–262. https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i2.155