Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kedai Norak Kopi Galaxy Bekasi

Authors

  •  Taufiqurrahman  Universitas Islam 45 Bekasi
  •  Yuni Astuti Tri Tartiani  Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i2.215

Keywords:

Harga, Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk

Abstract

Kedai kopi di Kota Bekasi mengalami perkembangan yang cukup pesat sehingga menyebabkan persaingan yang cukup ketat. Pengunjung Kedai Norak Kopi Galaxy yang merupakan salah satu kedai kopi di Bekasi mengalami penurunan dan kenaikan yang flutuatif relatif menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Kedai Norak Kopi Galaxy Bekasi. Populasi pada peneltian ini yaitu konsumen yang telah melakukan pembelian di Kedai Norak Kopi dan sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Untuk analisis data menggunakan regresi berganda dengan program SPSS versi 25. Hasil penelitian statistik menunjukan bahwa diperoleh kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen Kedai Norak Kopi Galaxy, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 2.277 dengan tingkat signifikasi 0,025 < a = 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, begitu pula harga berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen Kedai Norak Kopi Galaxy, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 12.548 dengan tingkat signifikasi 0,000 < a = 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian didapatkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,656 atau sebesar 65.6%. Artinya kualitas produk, dan harga memengaruhi 65.6% kepuasan konsumen, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ammurabi, S. D. (2020). Siasat industri kopi bertahan di tengah pandemi. Aliniea.Id. https://www.alinea.id/bisnis/industri-kopi-mencoba-bertahan-di-tengah-pandemi-b1ZL19tAn

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta.

Citra Savitri, & Flora Patricia Anggela. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Xxx. Buana Ilmu, 4(2), 234–252. https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1137

Fitriasshinta, D., & Melinda, T. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen King Telur Asin. Journal of Management and Business Review, 15(2), 219–234.

Galingging, A. R. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Hargaterhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Im3 pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area.

Hermawan, H. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 1–15.

Katadata. (2020). Konsumsi Kopi Domestik di Indonesia Terus Meningkat Selama 5 Tahun Terakhir. ICO.

Kotler, & Amstrong. (2011). Prinsip-Prinsip Pemasaran (8th ed., Vol. 1). Erlangga.

Kotler, & Amstrong. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran (Vol. 1). Prenhalindo.

Kotler P, & Keller KL. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 13 (13th ed., Vol. 2). Erlangga.

Kristina, M. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jemblung Coffee Malang. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Montung, P. (2015). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan di restoran kawan baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5).

Perkebunan.id, M. (2020). Umkm Kota Bekasi Sajikan Kopi Khas. Media Perkebunan. https://mediaperkebunan.id/umkm-kota-bekasi-sajikan-kopi-khas/

Pratama, S. yoga. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Agya Collection Ponorogo. In Journal of Physical Therapy Science (Vol. 9, Issue 1).

Purnamasari, I. G. A. Y. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJP), 5(1), 1–12.

Riskawati, E., Sissah, S., & Mutia, A. (2020). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK HERBAL PENAWAR AL WAHIDA (HPA) DI KOTA JAMBI.

Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 3(1). https://doi.org/10.1200/JCO.2014.56.8501

Santi Yoga, P. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Agya Collection Ponorogo.

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755–764.

Sobari, H., & Gunawan, G. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kopi Belrum Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis. Jurnal E-Bis, 5(2), 489–504.

Sukmawati, R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Garden Kafe Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.

Tjiptono. (2018a). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Andi.

Tjiptono, F. (2018b). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. IPB Press.

Tjiptono Fandi. (2014). Pemasaran Jasa (1st ed.). Andi Offset.

Umam, B. H. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Jakarta Alumunium. 8(5), 55.

Umam BH. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Jakarta Alumunium. University Muhammadiyah Malang.

Umar, H. (2014). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT. RajaGrafindo Persada.

Yosepha, S. Y. (2021). Determinan penggunaan media sosial, kreativitas dan pelatihan terhadap pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (umkm). Jurnal Manajemen, 11(2), 165–181.

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Taufiqurrahman, & Tartiani, Y. A. T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kedai Norak Kopi Galaxy Bekasi. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 363–384. https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i2.215