Analisis Mekanisme Pembukaan Rekening Tabungan Haji pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Palembang Simpang Patal
DOI:
https://doi.org/10.61930/jebmak.v4i1.989
Keywords:
Mekanisme, Tabungan Haji, Bank Syariah IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme pembukaan rekening tabungan haji di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Palembang Simpang Patal dan untuk mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam membuka rekening tabungan haji. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan petugas bank, observasi langsung, serta kajian literatur terkait produk tabungan haji berbasis syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembukaan rekening tabungan haji di BSI mengikuti prosedur yang jelas dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, dengan menggunakan akad wadiah (titipan). Selain itu, produk ini memberikan keuntungan berupa pengelolaan dana yang bebas dari riba dan sistem bagi hasil yang transparan. Meskipun demikian, tantangan yang dihadapi oleh bank terkait kurangnya pemahaman masyarakat tentang produk syariah dan persaingan dengan bank konvensional masih menjadi kendala dalam memperluas jangkauan nasabah. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah antara lain kepercayaan terhadap bank syariah, kemudahan akses, serta adanya program edukasi yang dilakukan oleh bank. Untuk meningkatkan jumlah nasabah, bank disarankan untuk memperkuat promosi melalui media sosial dan meningkatkan layanan digital. Secara keseluruhan, produk tabungan haji di BSI memiliki potensi besar untuk berkembang lebih luas di masa depan.
Downloads
References
Ahmadsyah, I., Aulia Marzelin, A., & Ismuadi. (2022). Strategi Pemasaran Menarik Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji Pada Bank Syariah Indonesia Meulaboh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 4(2), 106–124.
Dwiyanti, U., & Aravik, H. (2023). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Batara Ib Dengan Akad Wadi’ah Yad Dhamanah Pada Bank Tabungan Negara Syariah Kapten A Rivai Palembang. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 91-106.
Halim, F. S., Putra, P., & Pujihastuti, I. (2023). Analisis Penerapan Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Terhadap Tabungan Haji Pada Bank Tabungan Negara Syariah Kc Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam (JIEI), 9(2579–6534), 564–572.
Irmawati, & Amsari, S. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pemasaran Produk Tabungan Haji (Studi Kasus Pada Bank Sumut Syariah Medan). Jurnal El Rayyan, 1(1), 8–25. https://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/jer/article/view/43%0Ahttps://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/jer/article/download/43/34
Musdalifah, I., Putri, D. C., & Putri, N. A. (2023). Implementasi Pembukaan Tabungan Ib Hijrah Haji Melalui Mdin Pada Bank Muamalat Kc Jember Implementation of Opening Ib Hijrah Hajj Savings Through Mdin At Bank Muamalat Kc Jember. Jurnal PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(4), 922–928.
Pinrang, S. D. D. I. (2024). Strategi Peningkatan Nasabah pada Produk Tabungan Haji di Bank Syariah Indonesia Cabang Pinrang. 2(9), 170–179.
Priyanti, Y. (2021). Analisis Mekanisme Penghimpunan Dana Tabungan Haji Dengan Akad Wadi’ah Pada BSI KCP Palembang Merdeka. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah, 1(2), 285.
Putri, N. S., & Aravik, H. (2021). Analisis Produk Tabungan Wadi’Ah Pada Pt. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al-Falah Banyuasin. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 1(1), 1-10.
Sandri, Y. (2022). Prosedur Pendaftaran Haji Melalui BSI Mobile Banking pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Magelang Singosari. Skripsi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tidar, 1–76.
Sari, I. N., Aravik, H., & Choiriyah, C. (2022). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Tasbih Pada PT Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pembantu Km 12 Palembang Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 2(2), 475-494.
Sari, N. P., Fadilla, F., & Aravik, H. (2021). Penerapan Akad Mudharabah Pada Produk Tabungan di PT. Bank Syariah Mandiri KC Prabumulih. Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Ekonomi Syariah, 6(2), 211-226.
Sari, N., Lika Annisa, & Eka Nurlina. (2021). Analisis faktor pendorong minat nasabah dalam memilih Tabungan Haji di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Aceh. J-EBIS (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 6, 124–141. https://doi.org/10.32505/j-ebis.v6i2.3549
Suhri, M. (2021). Strategi Pemasaran Tabungan Haji Terhadap Minat Masyarakat Di Bank Syariah Mandiri Sumbawa Besar. Al-Bayan: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam, 1(1), 30–49.
Tira Syahira, T. A. (2024). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Terhadap Minat Nasabah BSI KCP Kabanjahe. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen , 2(1), 184–190. https://doi.org/10.61722/jiem.v2i1.684
Zuhdi, M. H., Munawaroh, M., Kurniawan, B., Ramsito, R., Ayuliananda, N., Ridwan, M., AA, A. M., Khairunnisa, N. S., Permana, I., Hamdani, N. A., Solihat, A., ..., Azkya, V., Budianto, E. W. H., Fakziah, S. L., Canggih, C., Susanti, P., Wulandari, J., Sulistyono, B. A. P., … Yoesoef, Y. M. (2024). Analisis Tata Kelola Penghimpunan Dana Tabungan Haji Muda Indonesia Dengan Akad Wadiah Yad Dhamanah Pada BSI Kantor Cabang Ciputat Tanggerang. Researchgate.Net, 4, 17209–17221. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/jeskape/article/view/1637%0Ahttps://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/jeskape/article/download/1637/690%0Ahttps://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/12975%0Ahttps://journal.uir.ac.id/inde
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Moiling Sari, Choirunnisak Choirunnisak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.