Upaya Mendorong Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) UPT PPD Jember Melalui Layanan Unggulan Kantor Bersama Samsat Jember

Authors

  •  Nur Ika Mauliyah  Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  •  Okta Ayu Lestari  Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  •  Hilda Aderia Husaini  Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  •  Muhammad Raziv Aulia Effendi  Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i1.108

Keywords:

Layanan Unggulan, Samsat, PAD

Abstract

Dengan banyaknya Wajib Pajak (WP) di kota Jember yang harus mengantri dan harus melewati beberapa prosedur dalam prosesnya untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Maka dari itu disediakannya Layanan Unggulan. Dengan adanya inovasi layanan KB. SAMSAT Jember untuk memudahkan Wajib Pajak (WP) guna mendapatkan pelayanan dan kepuasan Wajib Pajak (WP) serta diharapkan mampu dalam meningkatkan peneriman PAD. Adapun layanan unggulan di KB. SAMSAT Jember antara lain Samsat Drive Thru, Samsat Payment Point, Samsat Corner, Samsat Keliling (samling), dan Sajadah Srikandi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perubahan dalam penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan adanya Layanan Unggulan KB. SAMSAT Jember. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari studi putaka baik laporan atau jurnal yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Penelitian ini menunjukan dengan adanya layanan unggulan sangat berpotensi dalam mendorong penerimaan dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan hal itu secara langsung berpengaruh terhadap penerimaan dari Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, F. D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Ragam Layanan Unggulan SAMSAT Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor … [Universitas Brawijaya]. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165415

Budiman, R. A. (2018). Analisis Penggunaan Layanan Unggulan e-SAMSAT atas Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pada Kantor Bersama SAMSAT Kota Malang.(Studi pada … [Universitas Brawijaya]. http://repository.ub.ac.id/165470/%0Ahttp://repository.ub.ac.id/165470/1/Rahmat Arif Budiman.pdf

Dewi, L. K. (2020). Analisis Kebijakan Program Samsat Keliling Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Provinsi Lampung. Jisip, 2(1), 54–68. https://doi.org/10.24967/fisip.v2i1.654

Dipendajatim.go.id

Drive, L., Terhadap, T., Asli, P., & Pad, D. (2022). Analisis Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB ) Dari Padang Analysis Of Motor Vehicle Tax Revenue ( PKB ) From Drive Thru. XVI(01), 1–14.

Fitri Habibah N, Muhammad Rahma N, & Rosmiati Mia. (2021). Analisis Kebijakan Penerapan E-SAMSAT Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pada BAPENDA Provinsi Jawa Barat Policy Analysis of Electronic SAMSAT (E-SAMSAT) Implementation Payment of Motor Vehicle Taxes . Indonesian Accounting Research Journal, 1(2), 339–348.

Hartanti, H., Alviani, R. K., & Ratiyah, R. (2020). Pengaruh Samsat Keliling, Samsat Drive-Thru, E-Samsat Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Jakarta Timur. Jurnal Online Insan Akuntan, 5(1), 125. https://doi.org/10.51211/joia.v5i1.1327

Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 5 tahun 2015

Sholehah, S. D. (2022). Universitas Islam Negeri Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Juni 2022 (Issue September 2021). Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009

Undang-Undang No. 28 Tahun 2009

Undang-Undang No. 33 Tahun 2004

Wowiling, F. L., Rotinsulu, D. C., Engka, D. S. M., & Ratulangi, U. S. (2021). Jurnal Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Daerah ( STUDI TERHADAP PENERIMAAN BBN 1 DAN PKB DI BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI SULAWESI UTARA ) Pelayanan publik kini telah menjadi isu sentral dalam pembangunan di Indonesia . Perkembangannya pelayanan publik. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 22(4), 32–42.

Zona, Y. olanda putri. (2018). Penerapan Layanan Unggulan SAMSAT Corner Dalam Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Kantor Bersama SAMSAT … [Universitas Brawijaya]. http://repository.ub.ac.id/165980/

Downloads

Published

2023-05-02

How to Cite

Nur Ika Mauliyah, Okta Ayu Lestari, Hilda Aderia Husaini, & Muhammad Raziv Aulia Effendi. (2023). Upaya Mendorong Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) UPT PPD Jember Melalui Layanan Unggulan Kantor Bersama Samsat Jember. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 209–222. https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i1.108