Analisis Swot Dan Strategi Pemasaran Terhadap Bisnis Kuliner Martabak Jaya Rasa Di Kota Bandung Jawa Barat

Authors

  •  Aferyus Lase  Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP) Universitas Terbuka
  •  Bambang Santoso  Dosen Pembimbing Program Studi Manajemen Bisnis, Politeknik Krakatau, Banten

DOI:

https://doi.org/10.61930/jebmak.v3i2.652

Keywords:

Martabak, Martabak Manis, Martabak Telur, Analisis SWOT, Strategi Pemasaran

Abstract

Martabak adalah jenis makanan atau jajanan pasar khas nusantara yang sudah menjadi makanan faforit bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga para orang tua. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor kekuatan (strengh) dan kelemahan (weakness) yang dimiliki Martabak Jaya Rasa, serta menganalisis faktor-faktor peluang (opportunity) dan ancaman (threat) yang dihadapi Martabak Jaya Rasa dan juga mengidentifikasi sategi pemasaran yang digunakan dan dijalankan Bisnis Kuliner Martabak Jaya Rasa selama beroperasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni teknik obsevasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bisnis Kuliner Martabak Jaya Rasa memiliki kekuatan yang dapat memanfaatkan peluang serta mengatasi ancaman, dan memiliki kelemahan yang dapat diminimalkan untuk memanfaatkan peluang serta menghindari ancaman yang dihadapi Martabak Jaya Rasa.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurohim, Dindin. (2021). Pengembangan UMKM: Kebijakan, Strategi, Digital Marketing dan Model Bisnis UMKM. Bandung: PT. Refika Aditama.

Bora, M. Ansyar dan Sahli, Machfudzi. (2020). Analisa Strategi Pemasaran Penjualan Martabak Mengunakan Metode SWOT. Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), 5(2), 25-35.

Brenda, & Dewi Ayu Kusumaningrum. (2020). Inovasi Kuliner Khas Bangka Belitung: Kulit Martabak Manis dari Tepung Kacang Merah. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 5(2), 40–49.

Darsana, Made dkk. (2023). Pengantar Strategi Pemasaran. Bandung: intelektual manifes media.

Endri, E., Utama, A. P., Aminudin, A., Effendi, M. S., Santoso, B., & Bahiramsyah, A. (2021). Coal price and profitability: Evidence of coal mining companies in Indonesia. International Journal of Energy Economics and Policy, 11(5), 363-368.

Fitri, L. K., & Santoso, B. (2024). Motivasi Aparatur Sipil Negara (ASN) Melanjutkan Pendidikan (Studi Kasus Pada ASN Pengadilan Agama Teluk Kuantan). Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN), 2(2), 333-342.

Gunawan, Imam. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Praktek.. PT. Bumi Aksara.

Hafizd, Safrizal dan Ferida, Siti Ning. (2023). Strategi Bauran Pemasaran Pada Martabak RajawaliDalam Meningkatkan Volume Penjualan Muhammad. Seiko: Journal of Management & Business, 6(1), 973-982.

Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 213-223.

Khawari, A. F., & Santoso, B. (2024). Pengaruh Survei Keterlibatan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Di Perusahaan Start Up. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 3(1).

Lestari & Santoso, B. (2024). Peranan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN), 2(2), 357-368.

Marshel, D. & Santoso, B. (2024). Pengaruh Pembelian Impulsif Terhadap Tingkat Kunjungan Ulang Di Alfamart Raya Cemplang Cibungbulang Bogor Barat. TOMAN: Jurnal Topik Manajemen, 1(2), 263–280.

Nina Rezeki Amalia, Farida Yulianti, & Abdul Kadir. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Cafe Bree Sweetandfreeze Banjarmasin (Menggunakan Analisis SWOT). Jurnal Rimba: Riset Ilmu Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 1(3), 41–48.

Noviana, M., & Santoso, B. (2024). Pengaruh Bonus Dapat Memotivasi Kerja CV. Auto Bearing Di Dalam Divisi Penjualan. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN), 2(2), 473-486.

Nuraeni, N., & Santoso, B. (2024). Peranan Manajemen Persediaan Bahan Baku terhadap Penjadwalan Produksi PT XYZ. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN), 2(2), 379-394.

Nurai’aini, Fajar. (2023). MASTER ANALISIS SWOT: Sukses Menyusun Strategi, Memaksimalkan Peluang dan Mengatasi Segala Jenis Risiko Dalam Bisnis. Yogyakarta: PT. Anak Hebat Indonesia.

Paramita, D., & Santoso, B. (2024). Analisis Peran Shift Kerja, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT. Matahari departemen Store IP Palembang. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN), 2(2), 369-378.

Prasetya, Dezka Arwandiya. (2023). Teknik Analisis SWOT: Pandua n Praktis Mengubah Tantangan Menjadi Peluang Untuk Strategi Bisnis Anda. Yogyakarta: PT. Anak Hebat Indonesia.

Putri, G.T.M. & Santoso, B. (2024). Sistem Investasi di Indonesia. TOMAN: Jurnal Topik Manajemen, 1(2), 303–316.

Rahmadita, V. F., & Santoso, B. (2024). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Cromboloni Pada Perusahaan Kueku Bakery Kota Malang. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN), 2(2), 317-332.

Rambe D. N., & AslamiN. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. El-Mujtama:

Santoso, B., & Legowo, N. (2014). Faktor-faktor kesuksesan e-learning dalam meningkatkan proses belajar mengajar di SMA Budi Mulia Karawang. Academia. Online at: https://www. academia. edu/34714944.

Santoso, B., Fatchurohin, N. R., Asnada, R. T., & Nurdin, M. A. (2022). The Role of Community Service in Post-Covid-19 Economic Recovery Through Msme Program. Gema Ekonomi, 11(1). https://journal.unigres.ac.id/index.php/GemaEkonomi/article/view/1781

Santoso, B., Luqman Hakim, L., & Yuli Zain, Y. Z. (2023). Valuation of Efficiency Value and Its Implications on Return On Assets of Sharia Commercial Banks in Indonesia. Seybold Report, 18(9), 778-798.

Santoso, B., Sidharta, E. A., & Wardini, A. K. (2020). The impact of fundamental factors on stock return of the engineering and construction services company. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 16(2), 158-170.

Satriadi, S., Santoso, B., Susilo, N., Pratiwi, A., & Silvia, S. (2022). Pengembangan UMKM Nuri’s Cakes and Cookies Melalui Teknik Digital Payment dengan Aplikasi Pembayaran QRIS. Community: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 29-36.

Septiani, L., & Santoso, B. (2024). Pengaruh Marketplace Tokopedia Terhadap Peningkatan Penjualan Di Toko RMX Purwokerto. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN), 2(2), 343-356.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Aferyus Lase, & Bambang Santoso. (2024). Analisis Swot Dan Strategi Pemasaran Terhadap Bisnis Kuliner Martabak Jaya Rasa Di Kota Bandung Jawa Barat. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 423–446. https://doi.org/10.61930/jebmak.v3i2.652