Analisis Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Medan

Authors

  •  Roy Dedi Ansarika  Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61930/jebmak.v3i2.727

Keywords:

Kepemimpinan, Kinerja, Motivasi, Lembaga Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis kepemimpinan dalam lembaga pendidikan melalui pendekatan kualitatif. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk memahami peran kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja lembaga pendidikan dan dampaknya terhadap kualitas pembelajaran. Metodologi yang digunakan mencakup wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan staf administrasi, serta observasi langsung di beberapa lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan yang efektif berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, meningkatkan motivasi guru dan siswa, serta secara keseluruhan meningkatkan kinerja lembaga pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1994). Improving Organizational Effectiveness through Transformational Leadership. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27-40.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Denzin, N. K. (2012). Triangulation 2.0. Journal of Mixed Methods Research, 6(2), 80-88.

Fereday, J., & Muir-Cochrane, E. (2006). Demonstrating rigor using thematic analysis: A hybrid approach of inductive and deductive coding and theme development. International Journal of Qualitative Methods, 5(1), 80-92.

Hallinger, P., & Heck, R. H. (1996). Reassessing the principal's role in school effectiveness: A review of empirical research, 1980-1995. Educational Administration Quarterly, 32(1), 5-44.

Kvale, S. (2007). Doing Interviews. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Leithwood, K., & Riehl, C. (2003). What we know about successful school leadership. Philadelphia, PA: Laboratory for Student Success, Temple University.

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. Newbury Park, CA: Sage Publications.

Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Sergiovanni, T. J. (2001). The Principalship: A Reflective Practice Perspective. Boston: Allyn and Bacon.

Yukl, G. (2006). Leadership in Organizations (6th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Downloads

Published

2024-08-04

How to Cite

Ansarika, R. D. (2024). Analisis Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Medan . Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 385–394. https://doi.org/10.61930/jebmak.v3i2.727