Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Sumber Berkah Walay
DOI:
https://doi.org/10.61930/jebmak.v1i2.772Keywords:
Biaya Promosi, Harga, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh promosi, harga dan keputusan pembelian pada CV. sumber berkah walay. Populasi dalam penelitian ini adalah toko yang berbelanja pasa CV. sumber berkah walay. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non-probability sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 80 toko. Analisis regresi linier berganda digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini:menunjukkan secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan variabel promosi, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Data ini menunjukkan bahwa konsumen lebih cenderung membeli produk pada CV. sumber berkah walay karena promosi, harga, dan kualitas produknya lebih baik. Secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel promosi terhadap keputusan pembelian. Semakin baik promosi maka semakin tinggi pula keputusan pembelian. Variabel harga secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Fakta ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas produk yang diberikan memiliki kontribusi terhadap kenaikan keputusan pembelian.
Downloads
References
Alma, Buchari. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.
Ali Hasan. Manajemen Bisnis Syariah (Kaya di Dunia Terhormat di Akhirat), (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009), 167-168.
Agustina Shinta. Manajemen Pemasaran, (Malang: UB Press, 2011), 106.
Endhy, sukardi (2019). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Pada Masyarakat Yogyakarta
Gerung, Christy, Jantje, Sepang, dan Sjendry Loindong. (2017). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada PT. Wahana Wirawan Manado”, No. 2. Jurnal EMBA (Juni). Vol 5 : Hal. 2221-2229.
Jackson weenas (2013). Kualitas produk harga dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian sepring bad comforta
Jogi Morrison Simanjuntak (2018). Analisis Kualitas Produk, Harga,Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Brio ( Suatu Survey Pada Konsumen Honda Ahmad Yani Di Bandung ).
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsipPemasaran Edisi. 13. Jilid 1. Erlangga. Jakarta. 2009. Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 1, Erlangga, Jakarta. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 12. Jilid 1. Erlanggan. Jakarta: Kotler Philip, 2009, Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip dan Gery Armstrong (2017). Perinsip-Perinsip Pemasaran. Jilid 1 Edisi Ke-12. Ahli Bahasa oleh Bob Sabran. Erlangga. Jakarta.
Melati (2021) Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Simpatik Cabang Unaaha Kabupaten Konawe. Jurnal.
Philip Kotler & Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, 253.
Sari, Rahayu Mutia (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Minat Beli Sebagai Intervening (Studi Kasus Pada Pelanggan Toko Rabbani). Skripsi. Jakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Ratnaningrum, Hesti. (2016). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam Pembelian Bahan Bakar Minyak Jenis Pertalite Di Kota Yogyakarta. Skripsi Thesis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Sofjan Assauri, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004), 213.
Setiyaningrum, Ari, Jusuf Udaya, Dan Efendi. (2015). Perinsip-perinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistya, Widha A. (2014). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Promosi, dan Kelompok Acuan terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Handphone Android. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Swasta, Basu dan Handoko, Hani (2010). Manajemen Pemasaran : Analisa DAN Perilaku Konsumen. BPFE, Yogyakarta
Sugiyono (2004). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Edisi Pertama. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.
Sarlian, (2016). Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Darma Unaaha Kabupaten Konawe. Skripsi. Konawe: Universitas Lakidende
Tjiptono, Fandy. (2002). Pengertian Promosi [Online]. Didapatkan: <https://maroebeni.wordpress.com/2 008/09/19/fungsi-promosi-dalam- pemasaran diakses pada [26 April2018].
V. Wirartna Sujarweni. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Pustakabarupress : Bantul Yogyakarta.
Yulasmi. 2015. Pengaruh Kuallitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan. Majalah Ilmiah UPI YPTK, Volume 22, No. 1, Maret 2015
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Komang Ratnawati, Melati, Bindarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.