Peran Customer Service Terhadap Peningkatkan Pelayanan Nasabah

Penulis

  •  Marcela Ika Putri  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang
  •  Moh. Faizal  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang
  •  Meriyati  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i2.19

Kata Kunci:

Customer Service, Pelayanan, Bank Sumsel Babel

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang Peranan Customer Service Terhadap Pelayanan Nasabah Pada PT. Bank Sumsel Babel Syariah Palembang.Dengan tujuan untuk mengetahui lebih komprehensif tentang Peranan Customer Service Terhadap Pelayanan Nasabah Pada PT.Bank Sumsel Syariah Palembang.Metode yang dipakai adalah kualitatif berbasis data lapangan yang datanya diperoleh lewat observasi, interview dan dokumentasi, dengan analisis deskritif. Hasil artikel ini memperlihatkan bahwa Customer Service hakikat nya mempelajari berbagai teknik yang berkaitan dengan tata cara penanganan nasabah yang baik Dalam hubungan interaksi bisnis ini, perlakuan terhadap nasabah menjadi hal yang sangat penting dalam membangun dan memelihara kelangsungan bisnis yang berkelanjutan.Termasuk menjamin kepercayaan dan kepuasan nasabah. Terlebih dalam koperasi kredit, dimana nasabah kita adalah emilik dari usaha itu sendiri, sehingga perlakuan dan pelayanan terhadap mereka sangat penting untuk diperhatikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aravik, H., & Hamzani, A. I. (2021). Etika Perbankan Syariah: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish. https://deepublishstore.com/shop/buku-etika-perbankan-syariah-teori-dan-implementasi/

Arista ATMADJATI. (2018). Kompetensi Peran Customer Service Dalam Mendukung Pelayanan Kepada Nasabah . N. CV BUDI UTAMA.

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015).Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111.

Ayu Azhari. Meliana. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah terhadap pelayanan di bank safir kota bengkulu. 1–98.

Barata. (2015). Dasar- dasar Pelayanan Prima, Cetakan 2. PT. Elex Media Komputindo.

Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2), 56–72. https://jurnal.stai- yaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/163

Darmawan, Z. C., & Ridlwan, A. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Al-Tijary, 3(2), 107. https://doi.org/10.21093/at.v3i2.1096

Engkur. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 14(01), 23–35.

Hasanah, A., & Kirana, A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service Bank Dki. 21(3), 223–235.

Hymy, B. I., & Tanoto, S. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT Hastaco Tour and Travel. Agora, 7(1), 1–8.

Ismail. (2018). Strategi Manajemen. Prenada Media Grup.

Karim Kurniati. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. VC.Jakad Media Publihsing.

Kasmir. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Raja Grafindo Persada. Ketut, W. (2020). Bank dan Lembaga Keuangan. Pt Panca Terra Firma.

Pontoh, M. (2014). Kualitas Layanan, Citra Perusahaan dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI Cabang Manado. 2(3), 285–297.

Purba, T. (2020). Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda Di Kota Batam. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 1987–1996.

Rahadi, D. R., & Majid, A. A. (2021). Kompetensi Peran Customer Service Dalam Mendukung Pelayanan Kepada Konsumen. Ekonomi & Bisnis, 19(2), 115–124. https://doi.org/10.32722/eb.v19i2.3602

Sholeha, L. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di ahass sumber jaya maha sakti kecamatan rogojampi kabupaten banyuwangi. 12, 15–25. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6465

Sriwidodo, U. (2010). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah. Ekonomi Dan Kewirausahaan, Vol 10 nom.

Trasnportasi, M., Tinggi, S., & Kedirgantaraan, T. (n.d.). Analisis Kualitas Pelayanan Customer Service. 13(2), 98–105.

Utomo, K. W., Aji, R. H. S., & Aravik, H. (2022). Islamic Entrepreneurship : Konsep Berwirausaha Ilahiyah. Jakarta: Media Edu Pustaka.

Yupitri, E. (2012). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri di Medan Ekonomi dan Keuangan., volume 1.

Windasuri Heria. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. PT Gramedia Pustaka.

Zamzam, F., & Aravik, H. (2016). Kamus Bisnis Syariah. Yogyakarta: Deepublish. https://deepublishstore.com/shop/kamus-bisnis-syariah/

Diterbitkan

2023-10-17

Cara Mengutip

Marcela Ika Putri, Moh. Faizal, & Meriyati. (2023). Peran Customer Service Terhadap Peningkatkan Pelayanan Nasabah . Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 493–512. https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i2.19

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama