Komunikasi Efektif Pemberdayaan Masyarakat Pada Program Corporate Social Responsibility PT. Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel

Penulis

  •  M. Akbar Ghazali  Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bina Darma Palembang
  •  Desy Misnawati  Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bina Darma Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i2.205

Kata Kunci:

Strategi, Kepuasan, Pelayanan

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Komunikasi Efektif Pemberdayaan Masyarakat Pada Program  Corporate Social Responsibility PT Pertamina Patra Niaga Regional SUMBAGSEL Program  Corporate Social Responsibility PT Pertamina Patra Niaga Regional SUMBAGSEL adalah unit pelaksana dibawah kantor pusat yang berorientasi dalam pelaksanaan pelayanan masyarakat di wilayah Palembang. Teori yang digunakan dalam pendekatan ini menggunakan teori   yang digunakan adalah strategi komunikasi  efektif pemberdayaan masyarakatdengan pendekatan (Customer Relationship Management (CRM). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan data primer hasil wawancara dengan informan penelitian yaitu dengan masyarakat Desa Pulau Semambu, kasubang pelayanan dan pimpinan Program Corporate Social Responsibility PT Pertamina Patra Niaga Regional SUMBAGSEL. Hasil penelitian Strategi komunikasi pelayanan terhadap masyarakat adalah tindakan dan kebijakan yang digunakan oleh suatu organisasi atau lembaga dalam memberikan layanan yang efektif, efisien dan memuaskan kepada masyarakat. Dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan, meningkatkan aksesibilitas, transparansi dan pemberdayaan masyarakat, diharapkan pelayanan yang diberikan dapat meningkat dan masyarakat dapat merasakan dampak positif dari pelayanan tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arwata, N. O., Rinas, I. W., & Pemayun, A. G. M. (2014). Studi Kualitas Pelayanan Terhadap efektif pemberdayaan masyarakatListrik Prabayar PT. CSR (PERSERO) Distribusi Area Bali Selatan. Jurnal SPEKTRUM, 1(1), 34-39.

Ayuningsih, N. R. (2011). Kualitas Layanan (Inovasi Listrik Prabayar) PT. CSR (PERSERO) di Wilayah Makassar Timur

Effendy, O. U. (2000). Ilmu, Teori, Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti

Irawan, Handi. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Masyarakat. Jakarta: PT Gramedia

Ismail, I., Haron, H., Ibrahim, D.N., and Isa, S.M. (2006). Service Qualtiy Cliente Satisfaction and Loyality Toward Audit Firm: Perseptionis of Malaysia Public Listen Companys. Manajerial Auditing Journal, 21(7), pp:738- 756.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung : Alfa Beta.

Diterbitkan

2023-07-11

Cara Mengutip

M. Akbar Ghazali, & Desy Misnawati. (2023). Komunikasi Efektif Pemberdayaan Masyarakat Pada Program Corporate Social Responsibility PT. Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 319–326. https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i2.205