Pengaruh Komunikasi, Kualitas Layanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan CV. TV Kabel Madani Service
DOI:
https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i2.210Kata Kunci:
Komunikasi, Layanan, Kepuasan KonsumenAbstrak
Kepuasan dari jasa yang diberikan perusahaan kepada konsumen harus selalu untuk bisa memahami pelanggan dan merancang memperbaiki kualitas jasanya. Maka dari itu perusahaan harus mempertimbangkan komunikasi, kualitas layanan dan fasiltias yang diberikan kepada Pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan atau pelanggan jumlah populasi dari bulan Juni 2022- Desember 2022 sebanyak 101 Pelanggan. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 81 pelanggan CV. Tv Kabel Madani Service jumlah sampel didapatkan dari rumus slovin. Penelitian kuantitatif merupakan kegiatan setelah data seluruh responden atau sumber data lain terkumpul. Analisis data dengan bantuan program peranti lunak SPSS versi 25. Nilai Adjusted R Square (R2) sebesar 0,843 atau sebesar 84,3%. Hasil pengujian ini secara statistik membuktikan bahwa komunikasi, kualitas layanan dan fasiltias secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan Pelanggan sebesar 84,3%. dan sisanya 15,7% merupakan faktor lain Uji F diperoleh nilai F hitung dari memiliki nilai F sebesar 144,536 > F tabel 2,72, nilai signifikansi diperoleh 0,000 < α 0,05.
Unduhan
Referensi
Alam, R. (IOSR-J. (2015). Effect of leadership, compensation, organizational culture and emotional intelligence on job satisfaction and employees performance. Journal of Business and Management, 11(14.), 13–24.
Aliansyah, D., Utama, R., Fikri, M. A., & Rini, P. L. (2022). The Effect Perceived Of Service Quality , Perceived Of Website Quality , And Perceived Of Website Reputation On Purchase Intention : The Mediation Role Of Trust In. 2022(2), 836–846.
Astuti, C. D. (2019). Faktor Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi, Dan Keuangan Publik, 2(1), 27. https://doi.org/10.25105/jipak.v2i1.4425
Espinosa Sáez, D., Ortiz-Rendón, P. A., & Munuera Alemán, J. L. The influence of formal and informal control on market and financial results. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 26(1), 44–60. https://doi.org/10.1108/SJME-04-2021-0072
Garanina, O., Al Said, N., Stepenko, V., & Troyanskaya, M. (2021). Information society and its impact on personality development. Education and Information Technologies, 26(5), 5457–5475. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10549-5
Hendri, E. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik Terhadap Kepuasan Kerja dan kinerja Karyawan Pada PT. Asuransi Wahana Tata Cabang Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 9(3), 1–16.
Kumar, S., & Samtani, J. (2021). The Influence of Customer Service Quality towards Customer Satisfaction and its implication on Loyalty: A Survey on MICE Customers in Hotels. FIRM Journal of Management Studies, 6(2), 143. https://doi.org/10.33021/firm.v6i2.1542
Lamb, M. E. (1978). Social and personality development: Vol. (330 p.); Routledge. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.41.1.387
Lita Kurnia Ahmad Edwar. (2021). Pengaruh Negatif Di Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Remaja. KORDINAT, XX(2), 58–66. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987
Mulyadi. (2019). Dan Asuransi Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Ppjk Pada Pt . Vtrans International Batam Mulyadi Adapun Keputusan Pengguna jasa. 6(2), 345–349.
Mulyadi. (2022). The Influence Of Service Quality , Product Quality And Promotion Towards Miss Poe Vietnam Eatery ’ S Consumer Loyalty At Gwalk SurabayA. 2022(2), 663–668.
Mulyadi. (2023). Upaya Peningkatan Kualitas SDM Melalui Program PEKA (Produktif, Edukatif, Kooperatif dan Aksi). I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), 308–315. https://doi.org/10.33379/icom.v3i1.2306
Saricam, C. (2022). Analysing Service Quality and Its Relation to Customer Satisfaction and Loyalty in Sportswear Retail Market. Autex Research Journal, 22(2), 184–193. https://doi.org/10.2478/aut-2021-0014
Sochenda, S. (2022). The Satisfaction Of Customer And The Modeling Of Loyalty In The Industry Of Fast-Food. 2022(2), 877–900.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sudianto. (2021). Manajemen Kierja.
Sugianti, D. A., Purwanti, R. S., & Basari, M. A. (2020). PENGARUH HUMAN RELATION TERHADAP ETOS KERJA PEGAWAI (Studi pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman). Bussiness Management And Entrepreneurship Journal, 2, 26–38.
Suharli, M. (2018). Studi Empiris Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI Vol. 8, No. 1, 8(1), 34–55.
Suharto, S., Junaedi, I. W. R., Muhdar, H. M., Firmansyah, A., & Sarana, S. (2022). Consumer loyalty of Indonesia e-commerce SMEs: The role of social media marketing and customer satisfaction. International Journal of Data and Network Science, 6(2), 383–390. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.12.016
Setyabudhi, A. L. (2021). Analisis Korelasi Peningkatan Kapasitas Penjualan Terhadap Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Pada Toko Bahan Kue Lestari Batam. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 7(1), 33-37.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Indra Nara Persada, Dewi Permatasari, Mulawarman, Andi Amang, Mefri Yudi Wisra
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.