Pendidikan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.61930/jebmak.v1i3.24Kata Kunci:
Pendidikan kewirausahaan, Kewirausahaan, WirausahawanAbstrak
Pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap kemajuan ilmu pengetahuan, kegiatan kewirausahaan, penciptaan lapangan pekerjaan, yang mendorong kemajuan perekonomian suatu bangsa. Pendidikan kewirausahaan diperlukan untuk membangun jiwa wirausaha (entrepreneurship) pada generasi muda agar dapat menjadi wirausahawan muda (young entrepreneur) yang kompeten, berkualitas, inovatif dan berani mengambil resiko seta menjawab tantangan ekonomi nasional di era industri 4.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka (library research) untuk memecahkan permasalahan yang berpijak pada hasil kajian teori atau konsep, temuan ilmiah yang pernah dicapai atau dianalisis. Dari kajian pustaka/literatur dapat menjadi dasar pengembangan pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi. Pendidikan kewirausahaan memperhatikan materi yang diajarkan di perguruan tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat agar memperkecil gap diantara keduanya. Dalam hal ini dunia pendidikan perlu menyelaraskan materi pembelajaran kewirausahaan agar dapat tepat sasaran. Dunia pendidikan perlu bersinergi dengan industri, pemangku kepentingan, pemerintah serta dukungan keluarga dalam pembentukan jiwa dan karakter wirausahawan. Pendidikan kewirausahaan adalah upaya yang dilaksanakan oleh institusi pendidikan, lembaga pelatihan dan pembuat kebijakan di pemerintah untuk menciptakan wirausahawan yang memiliki karakter unggul yang mampu bersaing di kancah bisnis dan dapat menciptkan lapangan kerja.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Erlitawati Kaharudin, Henry Anggoro Djohan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.