Bagaimana QRIS Menarik Minat UMKM? Keputusan Menggunakan QRIS Sebagai Teknologi Pembayaran Studi Kasus: UMKM Di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.61930/jebmak.v3i1.522Kata Kunci:
persepsi, persepsi resiko, pengetahuan, keputusan menggunakan QRISAbstrak
Perkembangan teknologi di era digital 5.0 sudah merambah hampir keseluruh aspek kehidupan mulai dari keuangan, belanja, transportasi, pariwisata bahkan berdonasi serta keinginan ekonomi lainnya dapat diakses secara teknologi digital. Bank Indonesia telah meluncurkan QRIS sebagai standar kode QR resmi di Indonesia. Sebelum adanya QRIS para pelaku usaha biasanya hanya memasang satu barcode pembayaran misalkan Ovo, sedangkan tidak semua konsumen mempunyai Ovo. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna QRIS. Sampel dalam penelitian ini adalah semua pelaku dan konsumen UMKM yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria hanya pengguna yang menggunakan QRIS pada UMKM. Kuesioner yang terisi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 41. Kuesioner dalam penelitian ini yang tidak sesuai kriteria yaitu sebanyak 4, dikarenakan tidak menggunakan aplikasi QRIS, sehingga kuesioner yang di olah dalam penelitian ini adalah sebanyak 37. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan WarpPLS 7.0. dengan hasil penelitian menunjukkan persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap keputusan menggunakan QRIS sebagai teknologi pembayaran, persepsi resiko tidak berpengaruh terhadap keputusan menggunakan QRIS sebagai teknologi pembayaran hal ini dapat dijelaskan dengan alasan manfaat yang di peroleh lebih besar daripada resiko, Hasil penelitian selanjutnya yaitu pengetahuan berpengaruh positif terhadap keputusan menggunakan QRIS sebagai teknologi pembayaran.
Unduhan
Referensi
Andriani, J., Arifah, A. N., & Setyaputri, K. E. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Aplikasi Pencatatan Keuangan. Jurnal Sistem Informasi (ZONASI), 5(1), 192–203.
Andriani, J., & Wahyu Winarno, W. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Aplikasi “Pedulilindungi” Dengan Technology Acceptance Model (TAM). ZONASI (Jurnal Sistem Informasi), 4(1), 89–100. https://pedulilindung.id/
Caroline, C. C. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan M-Banking Berdasarkan Teori Tam. Keunis (Keuangan Dan Bisnis), 9(2), 160. https://doi.org/10.32497/keunis.v9i2.2819
Mada, I. G. N. C. W., & Putri, P. Y. A. (2021). Technology Acceptance Model (TAM) for Analysis of Online Banking use in PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Gianyar Branch. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 3(1), 12–18. Https://Doi.Org/10.4108/Eai.21-12-2020.2305843
Maghfirah Wulan Kamisna. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Risiko, Dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik Pada Masyarakat Kota Banda Aceh.
Ningsih, D. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Qris Pada Aplikasi Mobile Banking Bsi Terhadap Kelancaran Dan Keamanan Bertransaksi Non Tunai Bagi Para Pelaku Umkm. Jurnal Perbankan Syariah, 1–111.
Nursiah. (2017). Pengaruh Perceived Ease of Use dan Preceived Usefulness Terhadap Behaviour Intention to Use. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 3(2), 39–47.
Permana, I., Thomas, P., & Kardoyo. (2019). The Acceptance Analysis of Financial Accounting Standards for Entities Without Public Accountability ( Fas-Ewpa ) in Cirebon Regency Cooperatives Using Technology Acceptance Model ( Tam ). Journal of Economic Education, 8(2), 87–95.
Pradita, L. A., & Munari. (2021). Pengaruh Attitude , Subjective Norrms , Perceived Behavior Control , Perceived Usefulness , Perceived Ease of Use , dan Subsidy Terhadap Minat Pengguna Financial Technology pada E-Commerce. Equilibrium, 10(1), 9–23.
Putri, S. A., & Rahmanto, D. N. A. (2024). Analisis Efektivitas Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard ( QRIS ) sebagai Alat Pembayaran Non Tunai pada Bank Syariah Indonesia KCP Godean 2. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 456–476.
Rahman, A. F. S. K., & Supriyanto. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Qris Sebagai Metode Pembayaran Pada Masa Pandemi. Inasjif, 1(1), 1–21.
Ratnadi, N. M. D., & Widanaputra, A. A. G. P. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Norma Subyektif pada Minat Berperilaku Penggunaan E-Billing. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 14(2), 169. https://doi.org/10.24843/jiab.2019.v14.i02.p03
Sudiatmika, N. B. P., & Martini, I. A. O. (2022). Faktor-Faktor Mempengaruhi Niat Pelaku Umkm Kota Denpasar Menggunakan Qris. JMM UNRAM, 11(3), 239–254. Https://Doi.Org/10.29303/Jmm.V11i3.735
Sunardi, & Siregar, P. A. (2023). The Influence of Knowledge , Benefit and Risk on Customer Interest in Using The BSI Qris Electronic Payment System at BSI KCP Indrapura. 8(1), 64–76.
Ulansari, L. P. E., & Yudantara, I. G. A. P. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kenyamanan, Norma Subjektif Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Electronic Commerce. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 11(2), 29–44. https://doi.org/10.33558/jrak.v8i1.803
Usman, O., Septianti, A., Susita, D., & Marsofiyati. (2021). The effect of computer self-efficacy and subjective norm on the perceived usefulness, perceived ease of use and behavioural intention to use technology. Journal of Southeast Asian Research, 2020, 11. https://doi.org/10.5171/2020.753259
Willy, A., & Jogiyanto, H. (2015). PARTIAL LEAST SQUARE (PLS).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Juwita Andriani, Adityas Wahyuningsih, Farinza Tiara Indani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.