Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Di Bengkel Ahass Motor Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i2.61Kata Kunci:
kualitas pelayanan, harga, fasilitas, kepuasan konsumenAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen di bengkel AHASS Motor Nganjuk. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif menggunakan tektnik penelitian uji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Populasi pada penelitian ini merupakan konsumen pada bengkel AHASS Motor Nganjuk yang tidak terbatas jumlahnya. Sampel ditentukan sebanyak 40 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik non probability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis analisis jalur yang kemudian diolah menggunakan program SPSS 23. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa kualitas pelayanan, dan fasilitas tidak signifikan dalam meningkatkan kepuasan konsumen pada bengkel AHASS Motor Nganjuk. Untuk itu bengkel AHASS Motor Nganjuk perlu menginkatkatkan lagi tingkat kualitas pelayanannya dan menambah fasilitas-faslitas yang dibutuhkan konsumen agar menciptakan meningkatnya kepuasan konsumen.
Unduhan
Referensi
Adare, D., & Lenzun, J. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).
Aji, W. K. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien (Studi pada Pasien Klinik As Syifa di Kab. Bekasi). Skripsi.
Apriyadi, D. (2017). Analisis Pengaruh Ketepatan Waktu , Fasilitas Kereta Api Di Stasiun Purwosari. Magistra, 29(99).
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). In Pemasaran.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS IBM 25.
Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Irawan, H. (2017). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. In Frontier.
Kotler dan Keller. (2012). Marketing Manajemen (14 ed.). harlow pearson.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2017). Marketing. In BMC Public Health (Vol. 5, Nomor 1).
Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (1 ed.). Pandiva Buku.
Laksana, F. (2017). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. In Graha Ilmu. Lupiyoadi, R. dan A. H. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.
Muhyi, M., Hartono, Budiyono, C. S., Satianingsih, R., Sumardi, Rifai, I., Zaman, Q. A., Astutik, P. E., & Fitriatien, R. S. (2018). Penelitian (L. Nugraheni (ed.)). Adi Buana University Press.
Mundir. (2013). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (1 ed.). STAIN Jember Press.
Nirwana. (2014). Pengaruh Fasilitas Dan Oppinion Leader Pada Hotel Ardan Bandung. Journal of Chemical Information and Modeling.
Nirwana. (2017). Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut hawkins dan Lonney dikutip Oleh Tjiptono 2014 :101. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 1.
Octavian, D., Widarko, A., & Wahono, B. (2020). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan konsumen (Studi Pada Bengkel Ahass Di Lowokwaru Kota Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(12).
Pantilu, D., Koleangan, R. A. M., & Roring, F. (2018). Kepuasan Pelanggan Pada Warunk Bendito Kawasan Megamas Manado The Effect Of Service Quality , Price And Facilities On Customer Satisfaction In Bendito Kawasan Megamas Manado Oleh : Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan fasilitas terhadap kepuasaan pelanggan pada Warunk Bendito Kawasan Megamas Manado, 6(4). Peter, P. J., &
Olson, J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. In Salemba Empat.
Rahman, M., & Utomo, C. (2017). Analisis Biaya dan Permintaan dalam Penetapan Harga Pokok Penjualan Unit Apartemen Puncak Darmahusada. Jurnal Teknik ITS, 6(1). https://doi.org/10.12962/j23373539.v6i1.22423
Ritonga, H. M., Pane, D. N., & Rahmah, C. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Honda IDK 2 Medan. Jurnal Manajemen Tools, 12(2).
Rusydi, G., Susanto, Y., & Harni. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kompetensi, dan Motivasi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Media Ekonomi (JURMEK), 25(1).
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(6).
Siyoto, S., & Sodik, A. M. (2015). Dasar Metodoogi Penelitian (Ayup (ed.); 1 ed.). Literasi Media Publishing.
Srijani, N., & Hidayat, A. S. (2018). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Aston Madiun Hotel & Conference Center. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 7(1). https://doi.org/10.30741/wiga.v7i1.336
Stanton, william j. (2017). fundamental of marketing. Fundamental of Marketing. Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Supranto. (2016). Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan atau Konsumen. Insan, 8(1).
Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitiab. In 1.
Wibisono, H. B., & Achsa, A. (2021). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen dalam melakukan servis kendaraan. Image: Jurnal Riset Manajemen, 9(2).
Yudha, A., & Lestari, L. (2021). Peran Kepuasan Sebagai Mediator Kualitas Produk Pada Niat Beli Ulang (Studi Pengguna Sepeda Motor Yamaha Mio di Kabupaten Karanganyar). Jurnal Administrasi dan Manajemen, 10(2). https://doi.org/10.52643/jam.v10i2.1010
Zakaria, R., Fahma, F., & Astuti, E. R. (2015). Perencanaan Strategi Pemasaran (Segmentation , Targetting dan Positioning ) Koran Harian Solopos Berdasarkan Persepsi Konsumen. Performa, 4(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Kurniansyah, Ema Nurzainul H, Edy Djoko S
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.