Konsep Dasar Kepuasan Kerja: Sebuah Tinjauan Teori
DOI:
https://doi.org/10.61930/jebmak.v1i1.7Kata Kunci:
Kepuasan Kerja, Pekerja, Perusahaan, Sumber Daya Manusia (SDM)Abstrak
Kepuasan kerja merupakan sesuatu yang sangat didambakan baik pekerja maupun pemberi kerja. Bahkan menjadi sasaran penting dalam Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Artikel ini membahas tentang Konsep Dasar Kepuasan Kerja; Sebuah Tinjauan Teori dengan tujuan untuk mengetahui dan memahami Konsep Dasar Kepuasan Kerja di lihat dari berbagai teori. Artikel ini menggunakan metode kualitatif berbasis pada data kepustakaan (library research) yang diperoleh dari buku, jurnal, artikel ilmiah lainnya. Selanjutnya data di uji validitas dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasilnya adalah bahwa kepuasan kerja merupakan sebentuk rasa senang terhadap apa yang telah dikerjakannya, namun kepuasan kerja bersifat subjektif. Kepuasan antara individu satu dengan individu lainnya cenderung berbeda, karena setiap individu mempunyai kriteria kepuasan tersendiri dalam mengukur tingkat kepuasan hidupnya. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja di antaranya kondisi kerja/lingkungan kerja, peraturan atau budaya organisasi serta karakteristik organisasi, kompensasi yang memuaskan, efisiensi kerja dan partner kerja.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Nabila Putri Rahmadhani, Yeyen Priyanti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.