Konsep Dasar Kepuasan Kerja: Sebuah Tinjauan Teori

Penulis

  •  Nabila Putri Rahmadhani  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang
  •  Yeyen Priyanti  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61930/jebmak.v1i1.7

Kata Kunci:

Kepuasan Kerja, Pekerja, Perusahaan, Sumber Daya Manusia (SDM)

Abstrak

Kepuasan kerja merupakan sesuatu yang sangat didambakan baik pekerja maupun pemberi kerja. Bahkan menjadi sasaran penting dalam Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Artikel ini membahas tentang Konsep Dasar Kepuasan Kerja; Sebuah Tinjauan Teori dengan tujuan untuk mengetahui dan memahami Konsep Dasar Kepuasan Kerja di lihat dari berbagai teori. Artikel ini menggunakan metode kualitatif berbasis pada data kepustakaan (library research) yang diperoleh dari buku, jurnal, artikel ilmiah lainnya. Selanjutnya data di uji validitas dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasilnya adalah bahwa kepuasan kerja merupakan sebentuk rasa senang terhadap apa yang telah dikerjakannya, namun kepuasan kerja bersifat subjektif. Kepuasan antara individu satu dengan individu lainnya cenderung berbeda, karena setiap individu mempunyai kriteria kepuasan tersendiri dalam mengukur tingkat kepuasan hidupnya. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja di antaranya kondisi kerja/lingkungan kerja, peraturan atau budaya organisasi serta karakteristik organisasi, kompensasi yang memuaskan, efisiensi kerja dan partner kerja.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-03-15

Cara Mengutip

Nabila Putri Rahmadhani, & Yeyen Priyanti. (2022). Konsep Dasar Kepuasan Kerja: Sebuah Tinjauan Teori. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.61930/jebmak.v1i1.7