Pengaruh Testimoni Pelanggan Dan Pemberian Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Maketplace Ciblon UMKM Cilacap
DOI:
https://doi.org/10.61930/jebmak.v3i2.719Kata Kunci:
Pengaruh Bauran Pemasaran, keputusan pembelian KonsumenAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh testimoni pelanggan dan pemberian diskon terhadap keputusan pembelian online pada marketplace Cilacap Belanja Online (CIBLON) UMKM Cilacap. Maka tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui apakah testimoni pelanggan berpengaruh terhadap keputusan pembelian online pada marketplace CIBLON UMKM Cilacap. 2) Untuk mengetahui apakah pemberian diskon berpengaruh terhadap keputusan pembelian online pada marketplace CIBLON UMKM Cilacap. 3)Untuk mengetahui apakah testimoni pelanggan dan pemberian diskon berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian online pada marketplace CIBLON UMKM Cilacap. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif. Lokasi penelitian di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah Sampling Jenuh. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 35 responden. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, pengujian hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) testimoni pelanggan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian online pada marketplace CIBLON UMKM Cilacap. 2) pemberian diskon berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian online pada marketplace CIBLON UMKM Cilacap. 3) testimoni pelanggan dan pemberian diskon berpengaruh terhadap keputusan pembelian online pada marketplace CIBLON UMKM Cilacap.
Unduhan
Referensi
Ac.hmad, N. :, & Hariri, R. (n.d.). Pengesahan Artikel Ilmiah.
Fransiska Vania Sudjatmika. 2017. Pengaruh Harga, Review Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.Com. Agora Vol. 5, No.1,(2017)
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. surabaya: unitomo press.
Iriyanti, E., Qomariah, N., & Suharto, A. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Keputusan Sebagai Variabel Intervening Pada Depot Mie Pangsit Jember. In Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia (Vol. 2, Issue 1).
Kotler, p., & keller, k. l. (2009). Manajemen pemasaran. jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Control. Terjemahan. Edisi kedelapan, jilid I, Prenhallindo, Jakarta.
Kotler dan Armstrong, Gary. 1997. Dasar-dasar Pemasaran. Alih bahasa: Alexander Sindoro; Penyunting: Benyamin Molan, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid 1, Prenhallindo, Yakarta.
Mega Siti Ningrum & Ratih Tresnani. 2017. Pengaruh Iklan Testimony Terhadap Keputusan Pembelian. Prosiding Manajemen. Vol 4, No 1. hal 274-279.
Resa Nurlaela Anwar, Aulia Afifah. 2016. Pengaruh Kepercayaan dan Keamanan Konsumen terhadap Minat Beli di situs Online (Studi Kasus pengunjung situs Lazada di Jakarta Timur).
Rindo Olivia, G. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Keputusan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada konsumen Maybelline di Semarang). In Jurnal Administrasi Bisnis: Vol. X.
Sugiyono. (2019). metode penelitian kuantitaf,kualitatif dan R&D . bandung : alfabeta
Tjiptono, F (2007). Pemasaran jasa. Sleman: Bayu media.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hakim, Hasan Muzaki, Helmia Munawaroh
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.