Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Pendapatan Budidaya Jeruk di Desa Langur Indah Kec. Dempo Utara
DOI:
https://doi.org/10.61930/jebmak.v3i1.607Keywords:
Strategi, Pemasaran, SwotAbstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis bagaimana strategi pemasaran yang digunakan pada budidaya Jeruk dalam meningkatkan pendapatan. Penelitian ini selain dianalisis menggunakan desktiptif kualitatif juga menggunakanan alisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity,Threat).Analisis Swot adalah analisis yang digunakan untuk mengevaluasi peluang dan ancaman di lingkungan eksternal maupun kekuatan dan kelemahan yang dimiliki lingkungan internal perusahaan.Analisis SWOT dilakukan melalui matriks IFAS (Internal Factor Analisis Summary) yang menguraikan faktor-faktor kekuatan terbesar dan kelemahan budaya jeruk dan matriks EFAS (Internal Factory Analisis Summary) yang menguraikanfaktor-faktor peluang dan ancaman dalam budidaya Jeruk. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai skor IFAS 3,37 menunjukkan posisi internal yang kuat, nilai skor EFAS 3.18 menunjukan bahwa perusahaan merespon peluang yang adadengan cara yang luarbiasa dan menghindari ancaman-ancaman di pasar industrinya. Pada diagram Cartesius menunjukkan posisi perusahaan dalam keadaan agresif yaitu sangat menguntungkan bagi perusahaan. Adapun srategi pemasaran yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan penjualan adalah semakin memperluas pangsa pasar Jeruk kebeberapa wilayah lain dengan memanfaatkan kekuatan perusahaan berupa networking dan hubungan baik antara gen dan mengambil peluang dengan meningkatnya kebutuhan Jeruk yang ada.
Downloads
References
Abd. Rahim Dan Diah Retno Dwi Hastuti, Pengantar, Teori, Dan Kasus Ekonomika Pertanian, Cet.1 (Depok:Swadaya,2007)
Agromedia, Redasi, Bertaman Jeruk Didalam Pot Dan Di Kebun, Cet.1 (Jakarta Selatan, Redaksi, 2011)
Danang Sunyoto, Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran Konsep, Strategi dan Kasus, (Jakarta:CAPS (Center Of Academic Publishing Service):2019)
Faud Christin dan Nurlela Sugiarto Paulus, Pengantar Bisnis, (Jakata:Gramedia Pustaka:2006) cet ke 5
Studi Kelayakan Bisnis, Studi Kelayakan bisnis, (Jakarta:gramedia Pustaka utama:2005) Edisi ke 3
Ismail Solihin, Manajemen stategik,(Jakarta:Erlangga:2012)
Iwan Purwato, manajemen Strategi, (Bandung;Yrama Widya:2006)
Kasmir, Kewirausahaan, Edisi Revisi (Jakarta, PT RajaGrafindo Persada: 2013)
Muhamad“Metodologi Penelitian Ekonomi Islam” (Jakarta, PT Rajagrafindo Persada)
Muri Yusuf,. “Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan” ( Jakarta, Prenadamedia Group, 05 Januari 2019)
Philip Kotler dan Gary Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, (Erlangga:2008)
Robert T. Kiyosaki dan Sharon L. Lechter, Rich Dad Poor Dad For Teens, (Jakarta:Gramedia Pustaka Utama:2004)
Siti Nurhasana, Statistik Pendidikan : Teori, Aplikasi dan Kasus, (Jakarta:Salemba Empat,2019)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B,(Bandung:Alfabeta:2019)
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta:Rineka Cipta,2010), Cet ke 14
Suliyanto, Metode Penelitian Bisnis, (Yogyakarta:Andi Offset:2018)
Anak Agung Irfan Alitawan dan Ketut Sutrisn, Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Vol. 6, No. 5, Mei 2017
Dunas Irsa dan Morista Pino “AnalisisStrategi Pemasaran jeruk Pasaman” Jurnal.(Padang:Universitas Islam negeri Imam Bonjol:2019)
Helen Melinda,Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Ukm Guna Meningkatkan Pendapatan Karyawan Menurut Perspektif Ekonmi Islam, (Lampung,Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah) Skripsi
Irsadunas dan Pino Morista, Universitas Islam negeri Imam Bonjol Padang. Analisis Strategi Pemasaran Jeruk pasaman
JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN, VOL.6, NO.1, MEI 2017
Nanik Muthoriharoh, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus Jurusan Syariah Dan Ekonomi Islam Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Di Koperasi Unit Desa (Kud) Bahagia Kecamatan Gembong Kabupaten Pati, Tahun 2017
Nuary Sapta Nizar, Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, Vol 2,No 1, Maret 2016
Satrya Wulan Darmayanti. Mahasiswa Program Studi Ilmu Adminsitrasi Negara, Fisip, Universitas Airlangga. Studi Deskripsi Tentang Strategi Pemberdayaan Masyarakat Oleh Dinas Pertanian Kota Surabaya Dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat Sasaran Penerima Program Urban Farming Budidaya Lele Di Kelurahan Pakis
Supristiwendi, Siti Balqies Indra, Aufikal Hadi. Program Strudi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Samudra. Strategi Pengembangan Jeruk Manis (Citrus Sinensis) Di Kec. Birem Bayeun Kab. Aceh Timur
Yurista Nonie, Anik Suwandari, Djoko Soejono. Fakultas Pertanian Universitas Jember. Analisis Pendapatan Dan Strategi Pengembangan Penangkaran Bibit Jeruk Siam Di Kabupaten Jember
Zulfa Aliah, “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Ekspor Kopi Arabika Pada Cv Yudi Putra” Skripsi.(Medan:Universitas Islam Negeri Sumatera Utara:2018)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dismita Citra Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.