Pengaruh Faktor Ekonomi Terhadap Minat Masyarakat Untuk Menjadi Calon Nasabah Pegadaian CP Muara Enim (Studi Kasus Desa Karang Agung Kabupaten Pali)
DOI:
https://doi.org/10.61930/jebmak.v3i3.777Kata Kunci:
Faktor Ekonomi, Kebutuhan, Minat MasyarakatAbstrak
Penelitian ini membahas tentang pengaruh faktor ekonomi terhadap minat masyarakat untuk menjadi calon nasabah pegadaian Cp Muara Enim (studi kasus masyarakat desa karang agung kabupaten pali). Dengan tujuan untuk mencari adakah pengaruh ekonomi terhadap minat masyarakat untuk menjadi calon nasabah pegadaian. Responden yang dituju penulis adalah masyarakat Desa Karang Agung Kab Pali pada tanggal 5 April – 30 April. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif yang diperoleh langsung oleh responden masyarakat Desa Karang Agung Kabupaten Pali dengan menggunakan teknik observasi dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai t hitung variabel faktor ekonomi sebesar 3,703 > 2,011 t tabel, dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Lalu besaran nilai kolerasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,842. Dari analisis koefisiensi determinasi diperoleh koefisiensi determinasi (R Square) sebesar 0,708 yang mana hal ini berarti bahwa pengaruh faktor ekonomi terhadap minat masyarakat menjadi calon nasabah adalah sebesar 70,8% sedangkan sisanya sebesar 29,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini.
Unduhan
Referensi
Adesti, B. A., & Aravik, H. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Leasing Dalam Perspektif Ekonomi Islam Pada PT. FIF Group Cabang Bukit Palembang. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN), 1(1), 37-62.
Aji, R. H. S., & Aravik, H. (2023). Manajemen Sumber Daya Insani: Konsep, Filosofi dan Implementasi. Deepublish.
Atima, Nazula. (2020). Penerapan Fatwa DSN No: 68/DSN-MUI/Iii/2008 Tentang RH AN TASJILY Dalam Masa Perjanjian Pembiayaan ARRUM BPKB (Studi Di Pegadaian Syariah Cabang Pasar Legi Jombang).‖ 12–41.
Atmaja, Muhammad habiel putra. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat bertransaksi gadai emas di bprs metro madani kc jatimulyo Oleh : Muhammad Habiel Putra Atmaja Jurusan S1 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) METRO 1445 H /.
Dianti, Yira. (2020). Ekonomi Era Globalisasi.‖ Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 5–24.
Erangga, Adilla Sarah. (2019). Operasional Gadai Denan Sistem Syariah PT. Pegadaian (Persero) Surabaya. 1–22.
Kartini, Neni. (2019). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap
Maslow, Abraham. (2020). ―Pengertian Ekonomi. UIN University 1–31.
Mata Pelajaran PAI Di SMP Iptek Sengkol Tangerang Selatan. Tarbawai: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6(01):77–92.
Melen, Sterendisa. (2020). ―Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Produk Gadai (Rahn) Di PT. Pegadaian Syariah. Skripsi 150.
Milla, Mirra Noor. (2022). Teori Hirarki Kebutuhan Maslow. Jurnal Psikologi Sosial 20(2):iii–iv. doi: 10.7454/jps.2022.11.
Ningrum. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Produk Gadai (Rahn) Di Pegadaian Syariah Cps Solo.‖ 186– 96.
Ningsih, Wahyu, Muhammad Kamaludin, and Rizki Alfian. (2021). Hubungan Media Pembelajaran Dengan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada
Produk Gadai. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab 1(1):2019.
Sugiyono, Prof. Dr. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Veronica, Amanda. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Produk Rahn Pada Pegadaian Syariah.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sindi Dwi Kartika, Havis Aravik, Fadilla
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.