Relevansi Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Menjawab Tantangan Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.61930/jsii.v3i1.1064
Keywords:
Kurikulum, Merdeka Belajar, Pendidikan Agama Islam, Society 5.0Abstract
Kurikulum di Indonesia memiliki beragam definisi dan merupakan elemen sentral dalam pendidikan. Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) terus diperbarui untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Kurikulum Merdeka Belajar bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dengan fokus pada keterampilan digital, seperti literasi data dan teknologi. Pengembangan kurikulum harus mempertimbangkan visi perguruan tinggi dan kebutuhan pemangku kepentingan. Konsep Society 5.0 dari Jepang menekankan pemanfaatan teknologi secara bijak untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik. Oleh karena itu, pendidikan perlu mengembangkan keterampilan 4C (berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas) untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ana Fitrotunnisa, Jati Wuwara, Meilina Wulandari, Muhammad Najib Musafa'

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.