Implementasi dan Dampak Etika Bisnis Islam Pada Profitabilitas Usaha Plafon PVC di TB. Jaya Makmur Angsana
DOI:
https://doi.org/10.61930/jebmak.v3i2.725Keywords:
Implementasi, Etika bisnis Islam, ProfitabilitasAbstract
Pada implementasi atau penerapan kegiatan sistem ekonomi membutuhkan etika yang baik, yaitu suatu perilaku atau tindakan yang dilakukan seseorang secara sadar. Etika tidak hanya dalam pergaulan sehari-hari. Etika diperlukan untuk membentuk dan membangun sikap apapun aspeknya, termasuk etika bisnis Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi etika bisnis Islam dan dampak yang ditimbulkan dari penerapan etika bisnis Islam pada profitabilitas usaha plafon PVC di TB. Jaya Makmur Angsana. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi etika bisnis Islam dan mengetahui dampak yang ditimbulkan penerapan etika bisnis Islam pada profitabilitas usaha plafon PVC di TB. Jaya Makmur Angsana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan (field research) dan model analisis studi kasus yang menekankan pada teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi etika bisnis Islam pada TB. Jaya Makmur Angsana meningkatkan profitabilitas perusahaan melalui kepercayaan konsumen, efisiensi operasional yang tinggi, dan ROI optimal. Prinsip-prinsip seperti tauhid, kejujuran, transparansi, tanggung jawab, dan keadilan telah berhasil memperkuat posisi kompetitif perusahaan dan mendukung keberlanjutan bisnis jangka panjang
Downloads
References
Barata, A. A. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Elex Media Komputindo.
Barus, E. E., & Nuriani. (2016). Implementasi Etika Bisnis Islam (Studi Pada Rumah Makan Wong Solo). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 2(2). https://doi.org/10.24815/jped.v2i2.6690
Darmawati. (2013). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam: Eksplorasi Prinsip Etis Al Qur’an Dan Sunnah. Journal Mazahib, 11(1). https://dx.doi.org/10.21093/mj.v11i1.118
Herlan. (2024, Mei). Wawancara dengan Pelanggan Toko [Komunikasi pribadi].
Hernoko. (2021). Hukum Perjanjian: Asas Proporsionalitas Dalam Kontrak Komersial. Kencana.
Iqbal, M. (2024, Januari 4). Apa Itu Etika Bisnis Islam, Bagaimana Penerapannya? Lindungihutan. https://lindungihutan.com/blog/memahami-etika-bisnis-Islam/
Mijil Sampurno, W. (2016). Penerapan Etika Bisnis Islam dan Dampaknya Terhadap Kemajuan Bisnis Industri Rumah Tangga. Journal of Islamic Economics Lariba, 2(1). https://journal.uii.ac.id/JIELariba/article/download/9671/7831/19329
Rumiyanti. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Pesawaran) [Skripsi]. UIN Raden Intan.
Suminto, A. (2021). Etika Kegiatan Produksi: Perspektif Etika Bisnis Islam. Islamic Ecomonics Journal, 6(1). https://doi.org/10.21111/iej.v6i1.4387
Supardi. (2005). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. UII Press.
Suryaman, M., & Bisri, H. (2023). Prinsip-Prinsip dan Kaidah Dasar Transaksi dalam Sistem Ekonomi Syariah. Al Mashalih - Journal of Islamic Law, 4(1). https://doi.org/10.59270/mashalih.v4i1.165
Susanti, E. (2017). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Usaha Mebel Di CV. Jati Karya Palembang [Skripsi]. UIN Raden Fatah.
Tranoko. (2024, Mei). Wawancara dengan Pemilik Toko [Komunikasi pribadi].
Wisono. (2024, Mei). Wawancara dengan Pelanggan Toko [Komunikasi pribadi].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Emilia, Akhmad Hulaify, Zakiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.