Pengaruh Digital Banking Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia KM 12

Authors

  •  Wiyaldo  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri
  •  Havis Aravik  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri https://orcid.org/0000-0002-4318-7157
  •  Fadilla  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.61930/jebmak.v3i3.764

Keywords:

Digital Banking, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis Pengaruh Digital Banking dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia(BSI). Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan teknik simple random sampling,dari hasil perhitungan rumus slovin dengan tingkat batas kesalahan 10% jumlah sampel 95 orang responden yang merupakan nasabah Bank BSI KM 12. Penelitian telah dilaksanakan mulai tanggal 09 januari 2024 – 03 maret 2024, data dikumpulkan melalui kuisioner secara online menggunakan google form. Data dianalisa menggunakan uji hipotesis yang di bantu program komputer SPSS (Statistical Package For Social Science) versi 26. Pengujian yang telah dilakukan menghasilkan uji t adanya pengaruh dan signifikan sedangkan hasil uji F adanya pengaruh digital banking dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah secara statistik menghasilkan nilai positif dan juga signifikan diperoleh nilai F hitung 68,559>F tabel 3,08. Nilai signifikan 0.000 < 0.05, hal tersebut membuktikan bahwa pengaruh tersebut positif dan signifikan. Oleh karena itu dapat disimpulkan variabel digital banking dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank BSI KM 12.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aravik, H., Hamzani, A. I., Khasanah, N., & Tohir, A. (2024). Fundamental Concepts of Work Ethics in Islamic Perspective and Its Implementation in Islamic Bank Marketing. Islamic Banking: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 10(1), 63-80.

Chaurhan, S., Akhtar, A., & Gurpta, A. (2022). Perngalaman perlanggan dalam perrbankan digital: Tinjauran dan arah pernerlitian di masa derpan. Jurrnal Interrnasional Ilmur Kuralitas danLayanan .

Fadilla, F. (2021). Perlatihan pernggurnaan aplikasi SPSS serbagai instrurmern perngolahan dan perngurjian data pernerlitian kurantitatif. AKM: Aksi Kerpada Masyarakat , 2 (1), 35-46.

Firdaurs, MM (2021). Mertodologi pernerlitian kurantitatif; dilerngkapi analisis rergrersi IBM SPSS Statistics Verrsion 26.0 . CV. Pernerrbit Dotplurs.

Fitria, A., Murnawar, A., & Pratama, P. P. (2021). Perngarurh Pernggurnaan Interrnert Banking, Mobiler Banking Dan SMS Banking Terrhadap Kerpurasan Nasabah Bank BNI. Jurrnal Informatika Kersaturan, 1(1), 43-52.

https://sikapiurangmur.ojk.go.id./FrontErnd/CMS/Articler/40702.diaksers pada 17 marert 2024

https://www.ojk.go.id/id/kanal/perrbankan/Pagers/Bank-Syariah.aspx diaksers pada 17 marert 2024

Jannah, I. F., Djakfar, I., & Dianah, A. (2020). Perngarurh Kuralitas Digital Banking Terrhadap Kerpurasan Nasabah Pada BNI Syariah Cabang Banda Acerh. Jihbiz: Global Jourrnal of Islamic Banking and Financer., 2(1), 1-17.

Khurmaini, S., Fahrurdin, F., & Samsurri, S. (2022). Perngarurh Fasilitas Layanan Interrnert Banking Dan Mobiler Banking Terrhadap Kerpurasan Nasabah Bank Syariah Indonersia Kantor Cabang Tangerrang. Al Maal: Jourrnal of Islamic Erconomics and Banking, 3(2), 143-153.

Lestari, A., Aravik, H., & Faizal, M. (2021). Pengaruh Pelayanan Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Syariah Indonesia. ADL ISLAMIC ECONOMIC: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(2), 163-178.

M.Sicillia, & Yazid, A. (2020). Analisis Dampak Digital Banking Dan Kuralitas Perlayanan Terrhadap Kerpurasan Nasabah Pada Serburah Bank Swasta. Jurrnal Permasaran Kompertitif. https://doi. org/10.32493/jpkpk. v3i2, 4520.

Marlina, A., & Bimo, W. A. (2018). Digitalisasasi Bank Terrhadap Perningkatan Perlayanan Dan Kerpurasan Nasabah Bank. Inovator, 7(1), 14-34.

Mbama, CI, & Erzerpurer, PO (2018). Perrbankan digital, perngalaman perlanggan, dan kinerrja kerurangan bank: perrserpsi perlanggan Inggris. Jurrnal Interrnasional Permasaran Bank .

Murna, RM, Burdianto, ErWH, Derwi, NDT, & BSI, BSI (2023). Bank Syariah Indonersia (BSI): Sturdi Purstaka (Library Rerserarch) dan Bibliomertrik VOSvierwerr. Urniverrsitas Islam Nergerri Maurlana Malik Ibrahim Malang , 1-16.

Serptiana, S. N., & Khoiriyah, R. (2023). Perngarurh Digital banking dan Kuralitas Perlayanan Terrhadap Courstomerr Rerterntion Pada Bank Syariah Indonersia (BSI) KCP Surkaharjo(Doctoral disserrtation, UrIN Radern Mas Said).

Sodik, F., Zaida, AN, & Zurlmiati, K. (2022). Analisis Minat Pernggurnaan pada Fiturr Permberlian Mobiler Banking BSI: Pernderkatan TAM dan TPB. Jurrnal Manajermern Bisnis dan Perrbankan Islam , 1 (1), 35-53.

Surgiyono, S., & Lerstari, P. (2021). Mertoder pernerlitian komurnikasi (Kurantitatif, kuralitatif, dan cara murdah mernurlis artikerl pada jurrnal interrnasional).

Surgiyono, S., & Lerstari, P. (2021). Mertoder pernerlitian komurnikasi (Kurantitatif, kuralitatif, dan cara murdah mernurlis artikerl pada jurrnal interrnasional).

Sursilawaty, L., & Nicola, N. (2020). Perngarurh layanan perrbankan digital terrhadap kerpurasan nasabah perrbankan. Jurrnal Manajermern Maranatha , 19 (2), 179190.

Wahyurningsih, N., & Janah, N. (2018). Faktor-faktor yang Mermperngarurhi Kerpurasan Nasabah Mernggurnakan Interrnert Banking pada Bank Muramalat. Al-Amwal: Jurrnal Erkonomi dan Perrbankan Syari'ah, 10(2), 295-314.

Yurliaty, T. (2015). Perngarurh Kuralitas Layanan Interrnert Banking Dan Brand Erqurity Terrhadap Kerpurasan Nasabah Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Merdan Aksara. Jurrnal Ilmiah Manajermern dan Bisnis, 14(2).

Yurningsih, Y., Surryani, S., & Azim, M. F. (2022). Hurburngan Digital Banking dan Kinerrja Perlayanan Bank Syariah Terrhadap Urpaya Curstomerr Rerterntion di Masa Pandermi Covid-19 Pada Bank Syariah Indonersia (BSI) Kantor Cabang Perrwakilan (KCP) Kota Serrang. Erkombis rervierw: Jurrnal Ilmiah Erkonomi dan Bisnis, 10(2), 1277-1284.

Downloads

Published

2024-09-12

How to Cite

Wiyaldo, Havis Aravik, & Fadilla. (2024). Pengaruh Digital Banking Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia KM 12 . Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 3(3), 645–664. https://doi.org/10.61930/jebmak.v3i3.764

Most read articles by the same author(s)