Peran Pendidikan Islam dalam Membangun Kesetaraan Gender di Lingkungan Sekolah

Authors

  •  Azzura Arum Ningtias  Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau, Indonesia
  •  Muhammad Bukhari Tambunan  Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau, Indonesia
  •  Umi Kalsum  Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau, Indonesia
  •  Herlini Puspika Sari  Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61930/jsii.v3i1.1015

Keywords:

Kesetaraan Gender, Pendidikan Islam, Reinterpretasi, Bias gender, Keadilan

Abstract

Permasalahan ketidaksetaraan gender masih menjadi tantangan global, termasuk dalam komunitas Muslim. Meskipun ajaran Islam menjunjung tinggi keadilan dan kesetaraan sebagaimana tercermin dalam Al-Quran, interpretasi bias gender dalam sejarah Islam telah menyebabkan praktik diskriminatif terhadap perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan Islam dalam membangun kesetaraan gender di lingkungan sekolah, dengan menyoroti prinsip-prinsip Islam yang mendukung keadilan gender dan upaya reinterpretasi teks keagamaan yang lebih egaliter. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan menganalisis literatur terkait ajaran Islam tentang perempuan, sejarah pemikiran Islam tentang hak-hak perempuan, dan peran pendidikan dalam membentuk pemahaman tentang gender. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam memiliki potensi besar dalam menanamkan nilai-nilai kesetaraan gender kepada peserta didik melalui penyampaian ajaran Islam yang komprehensif dan adil, serta pengenalan terhadap pemikiran tokoh-tokoh Muslim progresif yang membela hak-hak perempuan. Reinterpretasi teks-teks agama dengan pendekatan kontekstual dan maqashid syariah menjadi kunci untuk menghilangkan bias gender dan mengembalikan semangat keadilan Islam. Pendidikan Islam yang berperspektif gender dapat memberdayakan siswa dan siswi untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai kesetaraan dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Published

2025-04-19

How to Cite

Azzura Arum Ningtias, Muhammad Bukhari Tambunan, Umi Kalsum, & Herlini Puspika Sari. (2025). Peran Pendidikan Islam dalam Membangun Kesetaraan Gender di Lingkungan Sekolah. Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.61930/jsii.v3i1.1015