Peran Filsafat Pendidikan Dalam Mengembangkan Kreativitas Dan Kemandirian Anak Di Sekolah Dasar Negeri Sukajadi Kelas 4

Authors

  •  Fathia Zamira Anuzula  Universitas Bina Bangsa Serang
  •  Desty Endrawati Subroto  Universitas Bina Bangsa Serang
  •  Anisa Anisa  Universitas Bina Bangsa Serang
  •  Munawaroh Munawaroh  Universitas Bina Bangsa Serang

DOI:

https://doi.org/10.61930/jsii.v3i1.1087

Keywords:

Peran Filsafat Pendidikan, Kreatifitas Dan Kemandirian, Anak Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran filsafat pendidikan dalam mengembangkan kreativitas dan kemandirian anak Sekolah Dasar (SD). Kreativitas dan kemandirian merupakan dua aspek penting dalam perkembangan anak yang berkontribusi pada kesuksesan akademis dan sosial mereka di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan analisis filosofis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat pendidikan, khususnya aliran progresivisme dan humanisme, memberikan landasan konseptual dan praktis dalam merancang pendekatan pembelajaran yang mendorong kreativitas dan kemandirian anak SD. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya integrasi prinsip-prinsip filsafat pendidikan dalam kurikulum dan praktik pembelajaran di tingkat SD untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi pengembangan potensi kreatif dan mandiri anak

Downloads

Published

2025-06-03

How to Cite

Fathia Zamira Anuzula, Desty Endrawati Subroto, Anisa, A., & Munawaroh, M. (2025). Peran Filsafat Pendidikan Dalam Mengembangkan Kreativitas Dan Kemandirian Anak Di Sekolah Dasar Negeri Sukajadi Kelas 4. Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), 3(1), 127–138. https://doi.org/10.61930/jsii.v3i1.1087