Analisis Pengelolaan Kelas Di Ponpes Attaqwa Perspektif Guru dan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.61930/jsii.v3i1.1095
Keywords:
Pengelolaan Kelas, Strategi Guru, Perspektif Siswa, Lingkungan Belajar, Pondok Pesantren attaqwaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pengelolaan kelas di Pondok Pesantren Attaqwa dari perspektif guru dan siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengelolaan kelas telah mencakup pendekatan disiplin positif, keteladanan, serta penggunaan metode pembelajaran aktif untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif. Guru berusaha menerapkan pembagian waktu yang efektif, aturan kelas yang disepakati bersama, dan pendekatan yang kontekstual terhadap kebutuhan santri. Namun, masih ditemukan kendala seperti rendahnya partisipasi aktif siswa, kejenuhan akibat metode yang monoton, serta gangguan teknis seperti keterbatasan fasilitas dan aktivitas pesantren yang padat. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas di pesantren dapat lebih optimal jika guru mengadopsi pendekatan yang lebih adaptif dan partisipatif, serta memperkuat komunikasi dua arah dalam proses belajar. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya inovasi pengelolaan kelas berbasis karakter, kolaborasi, dan konteks lingkungan pesantren.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rhamdan Wahyudin, Astuti Darmiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.